Bappenas : Konsesi Lahan Tanoto akan Ditarik Kembali

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pemerintah akan mengambil lahan konsesi milik konglomerat Sukano Tanoto untuk keperluan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Pengambilalihan lahan konsesi akan dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutan (KLHK). Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro memastikan hak konsesi lahan di lokasi ibu kota baru akan secepatnya diambil negara.

“Lahan itu milik negara, entah sejak dari tahun berapa itu ada konsesi HTI (hutan taman industri) di situ. Nah setelah kita lihat dari semua lokasi, itu lokasi terbaik untuk ibu kota. Jadi artinya ada kebutuhan negara akan lahan tersebut. Berarti ya diambil konsesi HTI-nya oleh pemerintah” kata Bambang.

Bambang juga menjelaskan beberapa alasan yang mendorong pemerintah dalam mengambil hak konsesi HTI tersebut. Seperti lahan itu tidak berada dalam titik api yang memicu kebakaran hutan dan bukan lahan gambut serta tidak mengandung batu bara. Selain itu, lahan yang berstatus konsesi kepada swasta juga semakin memudahkan pemerintah untuk mengambil alih lahan tersebut kapan saja dan dalam jumlah berapapun sesuai dengan kebutuhan.

Baca Juga : Pengusaha Properti Butuh Intensif Fiskal dan Keselarasan Regulasi untuk Memajukan Sektor Properti Nasional

Pencabutan tersebut juga tidak akan diberikan ganti rugi sebab hal itu merupakan konsekuensi dari status konsesi. Bambang sendiri tidak tahu persis berapa luasan lahan konsesi tersebut. Yang pasti, pemerintah membutuhkan lahan 6.000 hektar untuk pembangunan ibu kota tahap pertama. Kemudian akan diperluas sampai 40.000 hektar.

Saat ini lahan ibu kota baru merupakan area konsesi Hutan Taman Industri (HTI) PT ITCI Hutani Manunggal (IHM). Lokasinya berada di Kecamatan Samboja Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kecamatan Sepaku Semoi Kabupaten Penajam Paser Utara. PT IHM selama ini menjadi pemasok utama bahan baku kertas yang diproduksi oleh APRIL Group milik pengusaha Sukanto Tanoto. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo