Buat Kamar Tidur si Kecil Lebih Menyenangkan

image

PropertiNews.id, Tangerang - Keinginan untuk memiliki ruang yang dapat disebut sebagai milik sendiri tidak eksklusif terdapat pada orang dewasa, namun juga anak-anak. Anak-anak membutuhkan ruang khusus untuk bermain, belajar, dan beristirahat. Sebagai orang tua, Anda dapat memberikan ruang tersebut dengan berbagai desain yang menyenangkan.

Desain kamar yang tepat dapat merangsang tumbuh kembang anak. Sebagai kamar tidur, aspek kenyamanan masih yang paling utama, mengingat anak usia 5 – 12 tahun membutuhkan jam tidur sebanyak 10 – 11 jam setiap malam. Dengan istirahat yang cukup, anak dapat mengembangkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal penyakit yang senantiasa mengintai.

Selain sebagai tempat beristirahat, kamar tidur anak juga dapat didesain sebagai tempat bermain dan belajar. Sehingga anak akan merasa betah dengan ruangan yang dimilikinya. Dalam menata kamar tidur si kecil, terdapat beberapa elemen yang perlu diperhatikan agar ruangan terasa nyaman dan menyenangkan.

 

1.       Pencahayaan dan Suhu

Agar tidur lebih nyaman, pasang lampu yang dapat diatur tingkat keterangannya. Saat akan tidur, Anda dapat membuat kamar si kecil sedikit lebih redup, dan meletakkan lampu-lampu kecil di samping ranjang tidur. Dengan lampu yang dapat diatur, Anda dapat menggunakan penerangan yang cukup saat bermain dengan anak.

Selain pencahayaan, elemen lain yang penting untuk kenyamanan adalah suhu ruangan. Buat suhu cukup hangat saat sedang bermain dan turunkan suhu saat sudah memasuki waktu beristirahat. Suhu ideal untuk membantu tidur adalah 5 – 10 derajat lebih dingin dibandingkan suhu siang hari.

2.       Dominasi Warna Lembut

Terdapat anggapan keliru bahwa warna cerah seperti merah, kuning, dan biru lebih cocok digunakan untuk kamar anak-anak. Meskipun warna cerah dapat menyulut keaktifan si kecil, warna ini lebih cocok digunakan di ruang khusus untuk bermain. Kamar tidur lebih baik menggunakan warna-warna pastel yang menenangkan meskipun juga dipakai untuk bermain.

Dengan ruangan yang didominasi oleh warna-warna yang menenangkan, si kecil akan lebih mudah untuk bersantai dan beristirahat. Untuk memberikan kontras yang tidak berlebihan, Anda dapat menggunakan ornamen-ornamen dengan warna cerah.

3.       Desain Kamar yang Menyenangkan

Selain warna, Anda perlu mendesain kamar anak dengan desain yang menyenangkan dan tak lekang oleh waktu. Anda dapat menggunakan elemen dekorasi dinding yang netral, seperti gunung, gambar geometri, atau asken warna.

Tentu saja kebanyakan anak memiliki preferensi dan idola mereka sendiri-sendiri. Anda dapat menambahkan beberapa mainan atau gambar superhero atau putri dari dunia Disney. Dengan ini Anda membantu mereka untuk lebih dekat dengan idola mereka serta membantu perkembangan daya imajinasi.

4.       Furnitur Jangka Panjang

Mengingat pertumbuhan anak berlangsung cukup pesat, perlu pertimbangan untuk membeli furnitur yang dapat terus digunakan dalam waktu yang lama. Anda dapat membeli tempat tidur berukuran standar (100 x 200 cm) dengan desain yang netral. Dengan ukuran yang relatif besar untuk anak kecil dan desain yang netral, tempat tidur ini dapat digunakan hingga anak beranjak remaja.

Perhatikan juga bahan dari tempat tidur tersebut. Pilih material dan konstruksi yang dapat bertahan dalam jangka panjang. Selain itu, kemudahan perawatan juga perlu menjadi pertimbangan.

5.       Furnitur yang Aman

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah aspek keamanan. Sebuah meja dengan sudut tajam dapat membahayakan anak. Anda dapat membeli furnitur khusus anak dengan desain yang beragam seperti karakter favorit, atau hal-hal sederhana seperti kendaraan, awan, dan lain sebagainya.

Pilih furnitur yang memiliki sudut tumpul, celah yang dapat digeser sesuai dengan ukuran anak. Dengan ini, si kecil dapat terhindar dari tangan terjepit. Anda juga dapat menggunakan engsel soft closing yang dapat ditempelkan pada furnitur biasa. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo