Buat Ruang Keluarga Lebih Elegan dengan Desain Minimalis

image

PropertiNews.id, Tangerang - Hunian dengan tema minimalis masih menjadi pilihan bagi banyak orang. Banyak orang hingga pengembang membangun rumah dengan desain minimalis. Desain minimalis tidak hanya dapat diaplikasikan pada eksterior bangunan, namun juga interior seperti dapur, kamar tidur, hingga ruang keluarga.

Ruang keluarga dengan desain minimalis akan terlihat cantik dan elegan. Tidak hanya dalam penampilan, desain minimalis juga mengedepankan efisiensi sehingga Anda dan keluarga akan merasa nyaman untuk beraktifitas di ruangan tersebut.

Jika Anda berencana mendesain ruang keluarga Anda dengan desain minimalis, Anda dapat mengikuti beberapa tips berikut ini.

1.       Skema Warna Netral

Salah satu faktor penting dalam desain ruangan minimalis adalah pilihan warna. Kesan dan nuansa minimalis datang dari cat dan furnitur berwarna terang yang bersifat netral. Elemen warna pada ruangan merupakan elemen fundamental dalam desain interior ruang keluarga.

Gunakan warna netral seperti coklat muda, abu-abu muda, dan putih untuk menjadi skema warna dalam ruang keluarga. Selain itu, Anda juga dapat mengecat dinding ruang keluarga Anda dengan warna merah muda ditambah furnitur dengan elemen kayu seperti meja dan bingkai lukisan. Kombinasikan warna dinding dan warna furnitur. Jangan gunakan warna yang terlalu banyak karena dapat menghilangkan nuansa minimalis ruangan.

Baca Juga: Tips Memilih Furniture Untuk Rumah Bergaya Minimalis

2.       Minimalisir Pola

Desain minimalis mengutamakan kesederhanaan bentuk dan efisiensi ruang. Jangan gunakan pola yang ramai karena hal itu akan menghilangkan kesan modern dan minimalis yang ingin dibangun. Meminimalisir pola pada interior ruang keluarga akan membuat tema minimalis lebih kuat.

Jika Anda merupakan penggemar pola pada interior, Anda dapat mengakali hal ini dengan menggunakan pola pada elemen dekorasi seperti karpet atau bantal sofa. Dengan pola minimal, maka desain minimalis akan menjadi maksimal.

3.       Pilihan Furnitur yang Tepat

Ingat bahwa desain minimalis mengedepankan efisiensi penggunaan ruang. Untuk mengisi ruang keluarga Anda, cermati beberapa hal seperti fungsi, ukuran, dan warna. Pastikan furnitur yang dibeli merupakan furnitur yang dibutuhkan dalam ruang keluarga Anda. Furnitur yang digunakan di ruang keluarga minimalis juga harus memiliki desain minimalis agar sesuai tema yang ingin dibangun.

Penggunaan furnitur yang memiliki banyak detail dalam ruang keluarga minimalis akan merusak nuansa minimalis yang ingin Anda bangun.

4.       Pencahayaan yang Cukup

Elemen pencahayaan juga merupakan elemen yang penting dalam ruang dengan desain minimalis. Saat memilih dekorasi untuk pengaturan pencahayaan, pilihlah lampu dengan bentuk sederhana dan minimalis. Pastikan lampu yang Anda beli dilengkapi bola lampu yang memberikan penerangan yang cukup untuk ruang keluarga Anda.

Untuk menjaga nuansa desain minimalis, hindari penggunaan lampu dengan bentuk dan detail yang rumit seperti lampu gantung dengan ornamen kristal. Anda juga dapat memasang lampu di langit-langit yang dapat diatur tingkat penerangannya. Dengan ini, Anda dapat membuat suasana ruangan menjadi lebih redup atau lebih terang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: 7 Cara Menata Kamar Tidur Kecil Agar Tidak Sempit

5.       Gunakan Dekorasi yang Memiliki Nilai Personal

Ruang keluarga dengan gaya minimalis tidak banyak menggunakan pada dekorasi. Nuansa minimalis akan hilang jika Anda menempatkan dekorasi secara berlebihan di ruang keluarga Anda. Prioritaskan dekorasi yang memiliki nilai personal seperti bingkai foto keluarga, lukisan yang Anda lukis sendiri, atau barang koleksi lainnya.

Dekorasi yang memiliki nilai personal menegaskan ruangan tersebut sebagai ruang keluarga. Dengan desain minimalis, tentu ruang keluarga Anda akan terasa nyaman sekaligus menarik untuk dipakai bercengkrama dengan anggota keluarga lainnya. (RT)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo