Buat Ruang Makan Kecil Terlihat Luas dengan Tips Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Ruang makan tentu menjadi salah satu ruangan paling penting dalam sebuah rumah. Ruang makan dapat menjadi tempat anggota keluarga berkumpul dan berinteraksi. Oleh karena itu, keberadaan dan penataan ruang makan harus dijadikan perhatian.

Jika Anda memiliki rumah yang tergolong kecil, Anda perlu merencanakan konsep dan pemilihan furnitur serta dekorasi secara lebih efektif. Terlebih, jika Anda memiliki preferensi desain dan skema warna tertentu untuk ruang makan Anda.

Agar ruang makan Anda tertata dengan baik dan terlihat luas, Anda perlu mempertimbangkan beberapa aspek. Perencanaan dan penataan yang baik akan membuat ruang makan Anda terlihat cantik sekaligus efektif.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menata ruang makan Anda.

Baca Juga: Tips Menata Dapur Kecil Secara Efisien

1.       Pemanfaatan Ruang Vertikal

Permasalahan umum dari rumah kecil adalah keterbatasan ruang. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan pemanfaatan ruang vertikal yang Anda miliki. Maksimalkan dinding untuk menjadi tempat penyimpanan. Dekorasi yang diletakkan pada dinding dapat menjadi pemanis ruangan, meskipun akan membuat ruang makan terlihat sempit jika Anda meletakkan terlalu banyak dekorasi.

Tempatkan rak untuk menyimpan berbagai kebutuhan yang dapat ditempel di dinding. Rak dapat berfungsi sebagai elemen dekoratif dan juga pemanfaatan ruang yang baik. Meletakkan lampu dinding juga akan memberikan nuansa kehangatan di ruang makan.

2.       Gunakan Meja Makan Bundar

Tanpa meja makan, sebuah ruang makan tidak akan berfungsi. Meja makan merupakan barang paling penting yang harus ada dalam setiap ruang makan. Untuk ruang makan yang cenderung kecil, Anda perlu berhati-hati dalam memilih bentuk dan material dari meja makan yang digunakan.

Gunakan meja makan bundar di ruang makan Anda. Meja makan bundar dapat membuat ruangan terlihat lebih luas dan fleksibel, sehingga dapat menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang memiliki dapur yang kecil dengan anggota keluarga yang tidak terlalu banyak.

Baca Juga: Trik Menyiasati Ruang Tamu yang Kecil

3.       Furnitur yang Dapat Dilipat.

Kapasitas ruang yang terbatas tentu menjadi tantangan dalam hal penataan. Untuk memaksimalkan ruang secara efisien, Anda dapat menggunakan furnitur yang dapat dilipat. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan meja makan yang dapat dilipat saat tidak sedang digunakan.

Furnitur yang dapat dilipat merupakan solusi paling efektif untuk memaksimalkan ruang makan yang kecil. Lipat furnitur saat Anda dan keluarga selesai makan dan pindahkan ke sudut ruangan sehingga menambahkan pemanfaatan ruang.

4.       Gunakan Kursi Minimalis

Selain meja makan, kursi juga merupakan hal yang perlu diperhatikan. Anda perlu mempertimbangkan ukuran dan kapasitas ruang yang Anda miliki sehingga ruangan makan tidak terlihat sempit karena ukuran kursi yang terlalu besar. Anda dapat menggunakan kursi makan dengan desain minimalis sehingga dapat lebih efisien untuk ditempatkan dalam ruang makan yang kecil.

Pilih kursi tanpa pegangan agar dapat lebih menghemat ruang. Anda juga dapat menggunakan kursi lipat sehingga penyimpanan dapat dengan mudah dilakukan sehabis selesai makan. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo