Pilih Furnitur Terbaik untuk Rumah Anda dengan Tips Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebuah ruangan tentu tidak akan terlihat menarik tanpa furniture, karena ia merupakan salah satu aspek paling penting dari sebuah ruangan. Bayangkan saja jika salah satu ruangan di rumah tidak terdapat satupun meja atau rak, tentu akan meninggalkan kesan sebagai ruangan yang tidak hidup.

Sebagai salah satu aspek paling penting, pemilihan furniture juga menuntut pertimbangan yang baik agar ruangan dapat terlihat menarik dan fungsional. Salah satu permasalahan yang sering ditemui adalah kurangnya pengetahuan mengenai aspek-aspek apa saja dalam memilih furniture. Sehingga seringkali sebuah ruangan terlihat lebih sempit atau bahkan terkesan hampa.

Cara memilih furniture yang baik dilandasi oleh beberapa aspek yang harus diperhatikan. Berikut kami rangkum apa saja tips memilih furniture untuk rumah anda.

Sebelum memutuskan untuk membeli meja makan yang Anda lihat di internet, ada baiknya Anda mempertimbangkan nilai fungsional dan estetis terlebih dahulu. Hunian dengan tema industrial membutuhkan furniture yang sesuai dengan tema tersebut. Sebuah meja makan ukuran 1.5 x 2 m bergaya Victoria tidak akan cocok digunakan di sebuah rumah dengan tema industrial.

Meskipun memiliki fungsi yang sama, meja makan ini tidak sesuai secara estetik. Untuk membuat ruangan terasa lebih nyaman, selaraskan nilai fungsional dan estetika dari sebuah furniture.

 

Ukuran dan Fungsi

Perhatikan ukuran furniture dan kapasitas ruang yang dimiliki. Untuk hunian minimalis, Anda dapat menggunakan furniture minimalis dengan ukuran kecil hingga sedang, serta multifungsi. Salah satu contoh dari furniture multifungsi adalah bangku dengan ruang penyimpanan. Dengan ini, Anda dapat memaksimalkan ruang serta menghemat biaya dengan menggunakan satu furniture untuk dua fungsi. Permasalahan yang sering ditemui adalah ruangan yang terasa lebih sempit dikarenakan penggunaan furniture yang besar untuk ruangan yang relatif kecil.

Selain fungsi dari furniture, Anda perlu mempertimbangkan fungsi ruangan. Anda dapat menempatkan sebuah sofa tiga dudukan yang nyaman. Hal ini mengingat bahwa ruang keluarga merupakan tempat berkumpul, sehingga furniture yang dipilih dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut.

 

Warna dan Desain

Warna dan desain merupakan aspek yang menentukan dalam hasil akhir sebuah interior ruangan. Pilih furniture yang senada dengan warna dinding atau dekorasi yang ada dalam ruangan. Pada umumnya, furniture yang digunakan selaras dengan warna dominan ruangan tanpa kontras yang cukup signifikan. Namun, Anda dapat bereksperimen dengan ini, sebuah ruangan dengan warna dominan abu-abu akan terlihat seru dengan meja berwarna kuning!

Selain warna, tentu Anda harus memperhatikan desain furniture. Sesuaikan dengan tema ruangan. Sebagai contoh, sebuah meja kayu minimalis akan terlihat bagus di dalam ruangan dengan tema industrial.

 

Material dan Konstruksi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahan yang digunakan serta konstruksi dari furniture tersebut. Ketahanan menjadi aspek yang penting. Jika dibandingkan, sebuah lemari kayu jati akan lebih tahan lama jika dibandingkan dengan lemari yang terbuat dari kayu buatan. Finishing serta kemudahan perawatan juga perlu diperhatikan untuk penggunaan jangka panjang.

Salah satu finishing yang baik adalah dengan melamin. Finishing dengan bahan ini memiliki ketahanan terhadap goresan, panas, serta bahan kimia.

 

Harga

Harga tentu saja merupakan sesuatu yang penting untuk diperhatikan. Keterbatasan anggaran tentu dapat membatasi pilihan furniture yang dapat Anda beli. Buat daftar dari furniture yang menjadi kriteria dan masuk dalam anggaran Anda. Bandingkan beberapa aspek dari masing-masing furniture seperti ukuran, desain, serta bahan. Hal ini perlu dilakukan sehingga Anda mendapatkan furniture yang paling sesuai dengan kebutuhan, selera, dan anggaran Anda.

Selain itu, Anda perlu menimbang fitur garansi yang diberikan. Hal ini agar Anda tidak perlu khawatir terhadap kerusakan yang mungkin terjadi di kemudian hari.

 

Hal-hal yang disebutkan di atas dapat menjadi acuan untuk secara efektif memilih furniture untuk hunian nyaman Anda. Dengan pertimbangan-pertimbangan yang baik, Anda dapat memaksimalkan ruang, serta menjadikan rumah lebih menarik. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo