5 Langkah Mudah Mengecat Rumah Sendiri Tanpa Bantuan Tukang Cat

image

PropertiNews.id, Tangerang – Jika Anda bosan dengan tampilan rumah, langkah yang biasanya sering dilakukan adalah dengan mengganti warna pada dinding rumah. Apalagi jika warna dinding sebelumnya sudah memudar, yang membuat tampilan rumah tidak lagi menarik.

Namun, memakai jasa tukang cat atau mengandalkan orang lain untuk mengecat rumah, terkadang membuat sebagian orang berfikir dua kali. Pasalnya mereka harus mengeluarkan biaya lebih untuk sekedar mengganti warna interior pada rumah.

Nah bagi Anda yang sedang ingin mengecat ulang rumah Anda namun tidak ingin memakai jasa orang lain, maka Anda bisa mengikuti 5 langkah mudah berikut ini.

Persiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan alat dan bahan. Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan adalah cat dinding, kuas, roller, spons, kape, gayung, ember, koran bekas, tangga (jika diperlukan), paint remover, air, deterjen, dan plamir siap pakai. Bahan-bahan yang digunakan tidak selalu bergantung pada daftar tersebut. Anda bisa menambahkan atau mengurangi alat dan bahan yang akan digunakan saat akan mengecat tembok.

Pastikan Dinding Sudah Siap untuk Dicat

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mempersiapkan area dinding yang akan dicar dan tutup area yang tidak ingin Anda cat. Agar cat tidak terkena  bagian-bagian yang tidak ingin Anda cat, seperti bingkai jendela, tepi plafon, dan gagang pintu, maka Anda bisa menggunakan lakban atau masking tape untuk menutupinya. Pastikan juga semua barang dan furnitur di sekitar area cat sudah ditutupi oleh koran atau pembungkus lainnya, begitu juga dengan laintai.

Bersihkan Tembok Rumah

Sebelum mulai untuk mengecat, bersihkan terlebih dahulu tembok rumah dari debu dan kotoran ataupun permukaan yang tidak rata. Saat membersihkan tembok, Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun spons basah. Dinding yang bersih bisa meminimalisir terjadinya gumpalan ketika di cat ulang.

Siapkan Cat yang Akan Digunakan

Sebelum digunakan, cat harus diaduk agar tidak terdapat gumpalan dan warna yang dihasilkan bisa lebih optimal. Aduk cat selama lima menit dan tambahkan 10% air ke dalam campuran cat. Lalu lapisi permukaan tembok dengan cat water base atau solvent dengan kualitas tinggi agar cat terlihat lebih halus, rata, dan tidak cepat mengelupas. Untuk mempertahankan keawetan warna, Anda juga bisa menggunakan wall sealer agar ph semen dan ph cat sesuai.

Mulai Mengecat

Anda bisa menggunakan roller atau kuas untuk mengaplikasikan cat pada tembok. Roller digunakan untuk mnegecat permukaan dinding yang besar dan luas. Namun untuk mengecat sudut-sudut ruangan yang kecil, Anda bisa menggunakan kuas yang berukuran kecil.

Disarankan untuk mengerjakan satu bidang permukaan dalam satu waktu. Kerjakanlah bidang cat per 2 meter lebar dinding. Hal ini dilakukan agar kualitas warna dinding selaras. Anda bisa memberikan jarak waktu antara lapisan satu dan lainnya sekitar 1 – 2 jam. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo