5 Tips Rumah Anti Bocor saat Musim Hujan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Hujan yang terus turun hari demi hari terkadang membuat pemilik rumah merasa was – was. Apalagi jika musim hujan disertai dengan angin kencang. Karena bisa saja hujan yang turun membuat rumah rembes bahkan bocor. Retak kecil sekalipun pada bagian rumah dapat membuat air mengalir dan merusak bagian rumah tersebut.

Untuk itu, ada baiknya sang pemilik rumah mempersiapkan diri dengan mengecek kondisi rumah sebelum musim hujan datang untuk mencegah terjadinya kebocoran. Lalu apa saja tips yang bisa dilakukan untuk menghindari rumah bocor? Berikut ini kami siapkan untuk Anda.

Cek Kondisi Rumah

Lakukan pengecekan kondisi rumah. Saat cuaca panas, pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi rumah seperti noda bekas rembes pada plafon, dinding bergelembung dan berjamur, hingga retak pada dinding luar. Saat hujan, cek juga seluruh ruangan adakah tanda – tanda air masuk mengakibatkan bocor dan rembes.

Memeriksa Kondisi Talang Air

Talang air adalah bagian pentting yang tidak boleh dilupakan ketika membangun rumah. Alat ini mengalirkan air hujan yang tertampung di atap langsung menuju tanah atau wadah penampung. Dengan adanya alat ini, aliran air jadi lebih terarah sehingga tidak membasahi setiap sudut rumah.

Pilih Produk Waterproofing yang Efektif

Pemilihan produk juga mempengaruhi investasi jangka panjang bangunan Anda. Produk yang tepat membuat umur bangunan lebih panjang dan tidak terulang terus – menerus masalah bocor dan rembes.

Memeriksa Kondisi Plafon Rumah

Tidak hanya bagian luar, periksa juga bagian dalam rumah yakni plafon. Pasalnya, ia adalah lapisan keedua yang akan menghalau air hujan ketika atap mengalami kebocoran. Segera ganti plafon yang sudah rusak atau lapuk, rekatkan kembali jika ada plafon yang sedikit terlepas, dan sumbat celah sekecil apapun yang ada.

Reparasi Mandiri

Lakukan reparasi mandiri pada bagian rumah yang mudah di jangkau. Area dinding luar bagian teras misalnya dapat dilakukan reparasi mandiri dengan mengelupas cat lama yang sudah jelek, dan melapisinya dengan cat pelapis anti bocor yang andal. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo