Apa Benar Apartemen Lebih Baik dari Rumah Tapak?

image

Propertinews.id, Tangerang - Beragam hunian kini tersedia untuk masyarakat. Pertumbuhan ekonomi dan penduduk telah banyak memengaruhi gaya hidup masyarakatnya. Memilih antara rumah tapak atau apartemen sekarang hampir sulit namun tidak mustahil. Masing-masing ragam hunian memiliki keunggulan satu sama lain. 

Jika Anda adalah individu yang sedang mencari hunian apa yang cocok antara apartemen atau rumah tapak, pasti berfikir mana yang lebih murah dan mana yang lebih baik. Simak penjelasan lebih lanjut dibawah ini. 

Jika kita membicarakan antara apartemen dengan rumah biasa, kita harus melihatnya dari berbagai sisi. 

1. Dari Segi Harga
Jika hal pertama yang Anda lihat adalah harga, itu semua tergantung dengan budget yang Anda siapkan. Jika memiliki budget kurang dari 500 juta, maka apartemen adalah pilihan yang tepat karena banyak pengembang menawarkan apartemen dengan harga dibawah contoh budget tadi. Sedangkan untuk rumah tapak, Anda harus menyiapkan budget yang lebih. 

2. Dari Segi Dokumen
Saat memiliki rumah tapak, Anda memiliki SHM atau Sertifikat Hak Milik, jika apartemen maka Anda memiliki SHMSRS atau Surat Hak Milik atas Satuan Rumah Susun. Untuk rumah tapak, Anda memiliki hak dari tanah sampai seluruh bangunannya, kalau apartemen Anda hanya berhak atas unit/kamar yang Anda miliki. Selebihnya adalah hak milik bersama penghuni lain seperti lift, koridor, dan fasilitas lain yang tersedia di apartemen. 

3. Dari Segi Lokasi
Apartemen pada umumnya dibangun di tengah kota karena hanya membutuhkan sedikit lahan. Sedangkan perumahan tapak biasanya berada di pinggiran kota yang lumayan jauh karena lahan yang diperlukan untuk pengembanganya cukup banyak. Karena berlokasi di tengah kota, apartemen sangat strategis sebagai tempat tinggal.

4. Dari Segi Fasilitas
Jika bicara soal fasilitas, tentu apartemen yang unggul. Beragam fasilitas mewah disediakan pihak pengembang untuk memanjakan para penghuninya. Tujuan tinggal di hunian vertikal ini adalah untuk memberikan kemewahan sekaligus kemudahan dalam hidup.

5. Dari Segi Investasi
Dalam hal ini, kedua ragam hunian memiliki nilai investasi yang sangat bagus. Rumah akan memiliki nilai jual yang tinggi untuk tanah dan bangunan yang dimiliki dan nilai apartemen akan meningkat dari tahun ke tahun mengikuti perkembangan ekonomi lokasi sekitarnya. (AKB)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo