Basmi Tungau di Rumah dengan 5 Cara Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Tahukan Anda, meskipun rumah sudah terlihat bersih, namun tak menutup kemungkinan masih adanya hama serangga kecil seperti tungau atau kutu busuk yang bersarang di berbagai benda di rumah. Apalagi jika rumah jarang dibersihkan dan membuat debu menumpuk dimana – mana.

Tungau biasanya bersarang di area yang sering digunakan seperti kasur, sofa, hingga karpet yang jarang dicuci secara teratur. Tungau juga dapat berkembang biak di tempat yang lembab.

Kehadiran tungau yang tidak segera dibersihkan dapat menyebabkan sejumlah masalah kesehatan seperti asma, alergi, rhinitis atau peradangan, terutama pada orang yeng sensitif terhadap tungau.

Untuk itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk membasmi tungau di rumah agar rumah senantiasa sehat dan bersih. Berikut selengkapnya!

Cuci Perlengkapan Rumah dengan Air Panas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci semua perlengkapan di rumah yang mungkin menjadi sarang tungau dengan air panas. Mulai dari bantal, guling, sprei, selimut, karpet, dan lainnya. Anda bisa menambahkan deterjen anti bakteri pada cucian. Pastikan Anda mencuci barang – barang tadi secara rutin agar tungau tidak kembali bersarang lagi. Setelah mencuci, jangan lupa untuk menjemur semuanya sampai benar – benar kering.

Gunakan Pelindung Kasur

Salah satu cara termudah untuk mengendalikan tungau adalah dengan menambahkan penutup atau pelindung kasur dan bantal. Gunakan bahan yang khusus anti alergi. Biasanya bahan seperti ini memiliki tenunan rapat dan ukuran pori yang kecil sehingg tungau sulit untuk masuk ke dalam tempat tidur. Jangan lupa pula untuk membersihkan tempat tidur secara rutin.

Kurangi Kelembaban Rumah

Tungau menyukai daerah yang lembab. Untuk membantu mengendalikan tugau, Anda bisa menggunakan dehumidifier, membuka jendela, memeriksa ventilasi, serta menggunakan exhaust fan di dapur dan kamar mandi.   

Menyemprot Larutan Garam

Tahukah Anda bahwa garam juga bisa digunakan untuk membasmi tungau? Anda hanya cukup melarutkan garam di dalam air, lalu memasukkannya ke dalam botol semprot. Kemudian, semprotkan larutan garam ke sarang – sarang tungau di area tempat tidur, sofa, atau karpet. Hanya dalam beberapa jam tungau akan keluar dan mati.

Mengoleskan Jus Bawang

Bawang merah dan putih bisa menjadi cara lain untuk membasmi tungau. Caranya cukup mudah, Anda tinggal menghaluskan kedua jenis bawang tersebut menggunakan blender. Setelah itu, saring dan ambil sarinya saja. Kemudian, oleskan jus bawang ini ke tempat yang dicurigai sebagai sarang tungau, seperti sudut tempat tidur celah yang ada di tempat tidur, permukaan karpet atau celah sofa. Dalam beberapa jam tungau akan keluar dan berjatuhan satu persatu.

Pastikan Rumah Bebas Debu

Kebersihan sangat penting untuk dapat mengendalikan tungau. Debu adalah musuh terburuk dan Anda hasur berusaha keras untuk menghilangkannya setiap hari. Gunakan penyedot debu kemudian gunakan kain lembab untuk membersihkan permukaan yang baru dibersihkan dari debu. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo