Berencana Investasi Properti di Luar Negeri ? Simak Nih 5 Tips Pintarnya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memilih investasi properti di luar negeri dinilai wajar mengingat sektor properti tanah air belum juga menunjukkan sinyal positif, meski pemerintah dan Bank Indonesia sudah mengeluarkan sejumlah regulasi untuk menstimulasi pasar.

Nah jika Anda memang berniat melakukan investasi properti di luar negeri, ada baiknya Anda simak dulu beberapa tips pintar ini.

Regulasi

Perhatikan aturan negara yang bersangkutan. Pilihlah negara dengan makro ekonomi yang stabil. Paling tidak, jika kondisi ekonomi saat ini buruk, ke depan akan membaik. Perlu diperhatikan, negara-negara berkembang lebih besar kenaikan harganya dibanding negara maju.

Familiar dengan Negara Lokasi Investasi

Belilah properti di negara dan kota yang Anda kenal. Setidaknya Anda pernah berkunjung ke kawasan tersebut. Jika Anda belum pernah kesana, pastikan pembayaran Anda 100% refundable.

Waktu Membeli

Timing merupakan hal yang penting dalam membeli properti. Untuk mendapat capital gain yang tinggi, sebaiknya Anda membeli saat properti tersebut diluncurkan (launching).

Developer

Perlu dicermati siapa pengembang proyek tersebut. Seperti apa track record-nya? Jangan percaya begitu saja dengan pengembang yang belum Anda ketahui sepak terjangnya.

Cara Membayar

Pastikan Anda hanya melakukan pembayaran properti tersebut lewat agen properti atau perwakilan resmi developer yang bisa dipercaya. Mintalah surat bukti penunjukan agen dan bukti kepemilikan developer atas tanah atau properti yang dijual.

Daftar Pembeli

Biasanya developer memiliki daftar pembeli unit properti di proyek yang dipasarkannya. Anda jangan percaya begitu saja pada daftar nama pembeli tersebut, karena terkadang developer bisa melakukan rekayasa.

Jika diperlukan, Anda bisa memeriksa siapa saja yang sudah membeli properti tersebut dan langsung menghubungi beberapa di antara mereka. Dengan demikian Anda bisa memastikan daftar tersebut tidak fiktif.

Pendanaan

Lihat pula suku bunga cicilan KPR yang berlaku di negara tersebut. Selain Australia, Amerika Serikat adalah negara yang paling banyak memberi kemudahan kepada investor properti mancanegara.

Anda juga harus mengetahui berapa return on investment (RoI) yang wajar di negara tersebut. Jika nilai RoI-nya sangat tinggi, jangan langsung tertarik. Anda justru wajib mempertanyakan mengapa properti di sana dijual ke luar negeri? Hal lain yang perlu diingat, garansi RoI biasanya hanya iming-iming pengembang.  (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo