Berikut Keunggulan Papan Gypsum untuk Tembok Rumah

image

Propertinews.id, Tangerang – Bahan material rumah kian beragam, kini terdapat material bangunan baru yang bisa digunakan untuk tembok rumah, yakni papan gypsum. Biasanya, gypsum digunakan sebagai plafon atau atap rumah. Bahan ini digunakan karena sifatnya yang mudah dibentuk dan dipasang.

Tahukah Anda, ternyata selain bisa mempercantik langit-langit rumah, papan gypsum juga bisa digunakan sebagai bahan pelapis dinding interior rumah. Teknik baru ini bisa menggantikan peran plester batu bata sebagai material dinding rumah.

Selain lebih efisien dan pratiks, penggunaan papan gypsum juga membuat interior rumah terlihat lebih cantik dan sedap dipandang. Tak hanya itu, penggunaan papan gypsum juga memiliki berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan batu bata. Apa sajakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

1.       Lebih Ringan

Berbeda dengan bahan material bata dan beton, papan gypsum memiliki masa yang jauh lebih ringan. Hal ini tentu menjadi keunggulan tersendiri untuk papan gypsum. Dengan keringanannya, papan gypsum membuat penghuni rumah menjadi aman, terutama saat terjadi bencana.

2.       Mudah Diaplikasikan

Karena bebannya yang ringan, membuat papan gypsum lebih mudah untuk diaplikasikan. Anda hanya perlu menyiapkan rangka dinding, lalu gypsum bisa langsung ditempel. selain itu, waktu pengerjaan papan gypsum relatif lebih cepat dibandingkan dengan dinding beton yang harus menyaipakn bata dan semen yang persiapannya membutuhkan waktu lama.

3.       Mudah Diperbaiki

Tak hanya lebih ringan dan mudah dipasang, penggunaan papan gypsum juga lebih mudah dalam segi perawatan. Jika terjadi kebocoran atau kerusakan lain seperti lubang atau lecet, maka Anda hanya perlu mendempul bagian yang rusak atau memototng bagian yang rusak allu menempelkannya dengan papan gypsum yang baru.

4.       Harga Terjangkau

Kelebihan lain yang dimiliki papan gypsum, yakni harganya yang relatif lebih terjangkau. Hal ini dikarenakan Anda tak perlu lagi untuk membuat pondasi rumah yang kuat. Selain itu, Anda juga bisa memasangnya sendiri sehingga tak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk tukang bangunan.

5.       Ramah Lingkungan

Terpenting, penggunaan papan gypsum aman dan ramah terhadap lingkungan. Sebab, jika bahan material ini sudah tak terpakai lagi, maka gypsum tidak akan mencemari tanah karena akan langsung melebur ke dalam tanah.

Itulah beberapa keunggulan yang dimiliki papan gypsum. Tertarik untuk menggunakannya? (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo