Buat Ruangan Lebih Hidup dan Catchy dengan Cara ini

image

PropertiNews.id, Tangerang - Anda mungkin sering merasa interior rumah monoton dan membosankan. Bahkan tamu yang datang pun tak mendapat kesan mendalam dari hunian Anda. Padahal Anda sudah melengkapinya dengan furniture model terbaru yang harganya lumayan mahal.
Ingat, furniture bukanlah kunci utama untuk membuat tampilan ruang menjadi ‘hidup’. Hal utama dalam menciptakan sebuah ruang yang menarik adalah soal penataan. Jika Anda ingin membuat ruang pada hunian lebih hidup dan catchy, cobalah untuk menciptakan sebuah focal point pada ruangan tersebut.

Keberadaan focal point tak hanya sekadar menonjolkan tampilan sebuah ruang, melainkan juga untuk memperkuat fungsi, karakter, dan mempertajam konsep ruang dalam hunian. Focal point juga dapat menjadi elemen yang memberi kesan pertama saat seseorang memasuki hunian Anda.
Berikut adalah tips untuk menciptakan sebuah focal point yang dapat mencuri perhatian setiap orang saat mereka bertandang ke rumah Anda.

1. Warna kontras
Penggunaan warna kontras merupakan cara termudah untuk menciptakan focal point. Warna kontras dapat menjadi daya tarik bagi mata untuk melihat. Aplikasikan warna kontras pada satu benda, misalnya sofa di tengah ruang.
Pilih warna-warna terang, seperti merah, kuning, hijau lime, oranye, dan lainnya. Bisa juga menggunakan warna netral seperti putih jika warna dinding ruang didominasi warna gelap. Terpenting, pastikan bahwa warna tersebut menjadi warna yang menonjol sehingga membuat orang langsung melirik.

2. Lukisan dinding
Lukisan besar yang diletakan di tengah dinding sebuah ruang dapat menjadi focal point. Atur tinggi pemasangan lukisan sesuai dengan proporsi bagian lain dalam ruang. Pemasangan lukisan sebaiknya juga tidak lebih tinggi dari kusen pintu.
Pengaturan tinggi lukisan secara tak langsung juga mempengaruhi keintiman tuan rumah dengan lukisan tersebut. Semakin rendah tinggi lukisan yang dipajang semakin mengesankan hubungan pribadi antara lukisan dengan tuan rumahnya. Ini akan memberikan kesan tersendiri bagi tamu yang melihat.

3. Jendela
Sebuah jendela menawarkan cahaya dan pemandangan yang juga dapat dimanfaatkan menjadi focal point dalam hunian. Jika Anda berniat menjadikan jendela sebagai focal point, pastikan Anda memiliki panorama yang menarik di luar jendela.
Di malam hari jendela juga dapat menjadi focal point yang menarik dengan tambahan cahaya yang tepat dari standing lamp atau side lamp.

4. Karpet
Karpet memiliki beragam jenis, warna, dan motif. Pilih warna dan motif yang sesuai dengan tema ruang. Pertimbangkan peletakan karpet pada sebuah ruang. Sesuaikan juga ukuran karpet dengan luas ruang sehingga komposisi tetap seimbang. (IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo