Cara Memiliki Rumah Dengan Gaji Pas-pasan

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memiliki rumah sendiri adalah impian bagi semua orang, terutama bagi mereka yang telah berkeluarga. Apalagi kita semua tahu, rumah adalah tempat untuk berkumpulnya semua anggota keluarga. Namun memiliki rumah sendiri bukanlah hal yang mudah.
Kita semua tahu kalau harga rumah itu tidaklah murah, apalagi di zaman sekarang. Semuanya serba mahal. Memiliki rumah menjadi hal yang tidak mungkin bagi sebagian orang mengingat gaji yang diterima setiap bulannya sangatlah terbatas alias pas-pasan. Hal inilah yang terkadang membuat orang tersebut merasa kurang percaya diri untuk mewujudkan impiannya untuk mempunyai rumah.
Memiliki rumah pribadi tidak hanya diperuntukkan untuk orang kaya saja, namun orang yang gajinya pas-pasan juga berhak atas hal ini. Bagi yang memiliki gaji pas-pasan, jangan langsung berkecil hati atau bahkan putus asa jika ada orang yang menganggap Anda “tidak mampu” untuk membeli rumah.
Berikut adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin punya rumah namun bergaji pas-pasan.
  1. Merencanakan Keuangan
    Dalam satu bulan, Anda bisa langsung melakukan penghitungan terhadap apa saja yang nantinya akan dicatat sebagai pengeluaran. Melakukan perencanaan keuangan seperti ini sangatlah penting agar impian untuk memiliki rumah segera terwujud. Jika telah mengetahui jenis pengeluaran yang akan terjadi setiap bulan, cobalah untuk melakukan pencatatan dan berapa kisaran biaya yang akan dikeluarkan.
  2. Memilih KPR yang Tepat
    Tercatat saat ini ada banyak bank yang menawarkan program KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Program cicilan yang diberikan jugalah berbeda-beda tergantung dengan bank apa yang Anda pilih. Saat mengikuti KPR, usahakanlah untuk memilih bank yang menawarkan program cicilan hingga 10 atau bahkan 15 tahun. Selain itu, pilihlah bank dengan bunga cicilan yang rendah agar Anda mudah melunasi cicilan dan tidak merasa tercekik ketika membayarnya.
  3. Latihan Mencicil
    Jika Anda bukan termasuk orang yang suka menyicil barang, maka perlu berlatih jika berniat untuk membeli sebuah rumah. Jika cicilan menambah beban, maka Anda tidak perlu buru-buru untuk melakukan cicilan rumah. Namun kalau cicilan dianggap menguntungkan dan sama sekali tidak membebankan Anda, ini berarti Anda telah siap untuk membeli rumah dengan cara dicicil.
  4. Cari Penghasilan Tambahan
    Gaji yang dianggap pas-pasan memang kerap kali membuat diri sulit menggapai apa yang telah menjadi impian. Agar mimpi memiliki rumah bisa terkabul, cobalah melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan uang. Misalnya dengan berjualan online. Untuk jenis usahanya, pilihlah usaha yang sesuai dengan kemampuan ekonomi Anda agar tidak memberatkan diri sendiri saat menjalankannya.(IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo