Cara Menjadikan Apartemen Tipe Studio Super Instagramable

image

PropertiNews.id, Tangerang - Belum banyak orang yang bersedia untuk tinggal atau pindah hunian ke unit apartemen. Pasalnya, unit apartemen biasanya ditawarkan dengan ukuran luas bangunan yang sangat terbatas. Misalnya untuk unit studio, rata-rata hanya sekitar 21 meter persegi sampai 30 meter persegi. Keterbatasan ruang tersebut tentu memberi tantangan tersendiri bagi penghuninya dalam urusan menata barang atau melakukan aktivitas keseharian.

Akan tetapi, anggapan tersebut ditepis oleh mereka yang memiliki gaya hidup yang aktif dan praktis. Tinggal di apartemen yang berlokasi strategis dan punya fasilitas penunjang justru bisa meningkatkan nilai prestis bagi seseorang yang tinggal disana.

Selain itu, tren desain interior minimalis juga membuat penghuni apartemen ramai-ramai mendandani unitnya sekreatif mungkin. Tidak perlu belanja furnitur atau aksesoris mahal untuk punya unit yang super instagramable, cukup simak beberapa tips berikut ini.

1. Buat fungsional

Meskipun unit studio hanya terdiri dari satu ruangan kosong tanpa sekat, namun sangat penting membagi ruangan dengan fungsinya masing-masing. Seperti ruang tidur, ruang tamu, dan area bersantai. Jadi pastikan ada beberapa perabot penunjang seperti sofa dan meja nakas untuk ruang tamu, televisi dan karpet untuk ruang bersantai, dan ranjang tidur yang bisa dilipat menjadi sofa.

2. Maksimalkan ruang gerak

Sebisa mungkin kurangi jumlah barang di unit studio Anda. Beli benda yang multifungsi supaya tidak terlupa untuk disimpan atau tercecer dan menjadi berantakan. Misalnya untuk set meja kursi, tambahkan kaca di dinding depannya supaya bisa berfungsi sebagai meja rias sekaligus meja kerja.

3. Cahaya dan warna terang

Ruang yang sempit harus terlihat cerah dan terang supaya terkesan lega dari sesungguhnya. Di siang hari Anda bisa memaksimalkan asupan sinar matahari dari jendela, sementara di malam hari bisa menambah cahaya dari lampu gantung kristal atau lampu tidur bergaya industrial. Selain cahaya, Anda juga perlu memberi sentuhan warna terang ke dalam ruang. Namun jangan berlebihan, cukup pada aksesoris kecil atau detil furnitur.

4. Aksesoris seni

Tak ada ruangan instagramable tanpa kehadiran hiasan seni seperti dinding mural atau bingkai lukisan. Pilih salah satu atau dua sisi dinding yang ingin dijadikan fokal poin dan isi dengan hiasan seni. Misalnya bingkai berisi kalimat kutipan kata bijak, lukisan pop art atau stiker dan wallpaper bermotif abstrak. Hiasan bernuansa seni lain juga bisa didapat dari pemilihan aksesoris atau furnitur yang berbentuk unik.

5. Manfaatkan headboard

Area headboard atau dinding tempat bersandar ranjang kasur sangat ideal untuk menjadi tempat dekorasi. Ketika Anda tidak punya area untuk nakas tempat meletakkan jam alarm , bingkai foto, dan lampu tidur, maka manfaatkan area headboard dengan menggantungkan rak ambalan gantung. Keuntungan lainnya, Anda pun bisa berfoto selfie setelah bangun tidur dengan latar belakang headboard yang stylish. (IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo