Cara Merawat Rumah Agar Nyaman Dan Tahan Lama

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memiliki hunian yang nyaman memang menjadi idaman banyak orang. Tempat tinggal yang bersih dan rapi tentunya akan membawa Anda pada hidup yang sehat. Karena rumah yang kotor bisa jadi sumber dari banyak penyakit.
Salah satu hal yang perlu dilakukan agar rumah nyaman dihuni adalah dengan merawat rumah. Suatu bangunan perlu dirawat karena dinilai mengekspresikan pribadi pemiliknya. Merawat rumah mencakup perawatan bagian dalam (interior) dan bagian luar (eksterior). Rumah yang terawat juga akan memberikan kesan “fresh” dan baru meskipun tergolong bangunan lama.
Jadi, bila ingin memiliki tempat tinggal nyaman dan tahan lama, segeralah tata dan rawat hunian Anda dengan cara merawat rumah berikut ini.

  1. Buat Jadwal Membersihkan
    Kebersihan adalah hal utama dalam merawat rumah. Namun, jika harus membersihkan seharian penuh, pastinya Anda akan kelelahan, bukan? Terutama kalau mertua mau datang atau akan ada tamu yang berkunjung saat akhir pekan.
    Untuk itu, cobalah membuat jadwal merapikan rumah tiga kali sehari atau setidaknya seminggu sekali sebelum beraktifitas. Hal itu akan memudahkan Anda dalam menyelesaikan pekerjaan rumah.
  2. Biasakan Menggunakan Vacum Cleaner
    Jika memiliki hewan peliharaan seperti kucing atau anjing, biasanya akan banyak bulu-bulu yang rontok dan bertebaran. Agar benar-benar bersih, Anda bisa membersihkannya menggunakan vacum cleaner.
  3. Perhatikan Sirkulasi Udara
    Sirkulasi udara ternyata sangat berpengaruh terhadap kerusakan properti Anda. Oleh karena itu, pandai-pandailah mengatur sirkulasi udara yang masuk ke dalam rumah.
    Hunian dengan sirkulasi udara yang buruk akan meningkatkan suhu di dalamnya akibat sinar matahari. Tempratur panas yang tidak cepat didistribusikan ini akan menyebabkan material-material bangunan cepat mengalami kerapuhan, cat akan mudah kusam dan mengelupas.
  4. Cat Ulang Secara Berkala
    Kondisi cuaca memang menjadi faktor utama dalam masalah keindahan cat rumah Anda terutama di bagian luar (eksterior). Sementara udara yang lembab akan menjadi faktor masalah bagi keindahan cat bagian dalam (interior).
    Maka dari itu, gantilah cat rumah minimal 1 tahun sekali atau sesuai kebutuhan jika memang sudah banyak yang terkelupas atau mulai memudar. Meskipun tips merawat rumah yang satu ini cukup merepotkan. Pasalnya, harus mengeluarkan perabotan terlebih dahulu agar tidak terkena cat. Namun, dengan mengganti cat akan membuat hunian terkesan baru dan terawat.
  5. Maksimalkan Ruang Kosong
    Ruangan kosong bisa dimanfaatkan dengan baik meski sudut sempit sekalipun. Jika bangunan mempunyai banyak ruangan kosong, Anda bisa memaksimalkannya untuk menyimpan barang-barang.
    Misalnya di bawah tangga, Anda bisa menempatkan perabotan, perkakas atau rak buku. Atau bisa juga menambahkan sebuah perabotan multifungsi seperti sofa atau kursi yang di bawahnya bisa dimanfaatkan sebagai laci / lemari kecil untuk menyimpan barang-barang. (IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo