Cegah Kebakaran dengan Tips Periksa Jaringan Listrik di Rumah

image

Propertinews.id, TangerangPenyebab kebakaran rumah yang paling sering terjadi adalah akibat dari short current atau sambungan arus pendek yang menyebabkan kabel menjadi over heat dan memercikkan api. Hal ini terjadi karena instalasi listrik di rumah jarang diperhatikan sehingga kerusakan yang berpotensi menyebabkan arus pendek tidak terdeteksi.

Untuk mencegah hal tersebut tentu pemeriksaan rutin perlu dilakukan. Selain mencegah timbulnya masalah arus pendek, pemeriksaan kondisi jaringan listrik juga dapat mencegah terjadinya korsleting. Oleh karena itu, ada baiknya setiap bulan Anda menyisihkan waktu beberapa jam untuk memeriksa kondisi listrik di rumah. Bukankah lebih baik sedia payung sebelum hujan?

Namun banyak orang yang merasa bingung harus memulai dari mana memeriksa instalasi listrik di rumah, apalagi jika Anda termasuk orang yang sangat awam terhadap masalah jaringan listirk. Jangan khawatir, Propetinews.id akan membantu Anda untuk memeriksa jaringan listrik di rumah dengan tips berikut ini.

Persiapkan Peralatan Listrik dengan Baik

Peralatan memang merupakan hal yang wajib untuk mulai melakukan sesuatu, tidak terlepas dengan kegiatan pemeriksaan sehari-hari. Ketersediaan peralatan akan sangat membantu Anda dalam melakukan pemeriksaan jaringan listrik di rumah. Untuk memulai melakukan pemeriksaan listrik di rumah, Anda harus memiliki beberapa peralatan wajib.

Tespen: merupakan alat yang berfungsi untuk mendeteksi atau memeriksa apakah suatu peralatan listrik dialiri tegangan atau tidak.

Tang: dalam memilih tang untuk pekerjaan listrik pilihlah tang yang terbuat dari bahan logam dilapisi karet pada bagian pegangannya. Fungsi tang adalah untuk mencengkeram, memuntir dan memotong berbagai benda kerja seperti kabel, paku, kawat dan lain sebagainya.

Obeng: sama seperti halnya memilih tang, obeng untuk pekerjaan listrik harus memiliki pegangan yang berfungsi sebagai isolator listrik seperti karet atau plastik, hal ini untuk berjaga-jaga agar Anda tidak tersetrum saat membuka kotak listrik.

Solder: alat ini digunakan untuk mencairkan timah solder untuk keperluan sambungan transistor dan alat listrik lainnya.

Kunci inggris: sama seperti memilih tang dan obeng, kunci inggris yang digunakan untuk pekerjaan listrik harus memiliki pengaman seperti pegangan yang dilapisi karet.

Cutter: peralatan ini berfungsi untuk memotong dan mengupas kabel listrik.

Isolasi: isolasi, lakban, atau insulation tape pastinya digunakan untuk menutup sambungan kabel agar tidak tersentuh oleh orang lain.

Multitester: peralatan ini berguna untuk melakukan berbagai pengukuran yang menyangkut dengan kelistrikan seperti tegangan listrik atau voltase, arus listrik DC, resistor dan lain sebagainya.

Setelah peralatan listrik tersebut Anda siapkan, saatnya Anda untuk mulai memeriksa setiap bagian jaringan listrik yang ada di rumah.

Periksa Miniature Circuit Breaker

Miniature Circuit Breaker (MCB) adlaah komponen listrik yang ada di rumah. Komponen ini berfungsi sebagai sistem proteksi dalam jaringan listrik yang ada di rumah. Langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memeriksa MCB adalah sebagai berikut.

baca juga: Yuk Kenali Perbedaan Antara Pernis dan Plitur pada Finishing Kayu

Melepas miniature circuit breaker melalui panel kontrol yang menguncinya, kemudian melepas tegangan kontrol dan tegangan sirkuit penutup dengan cara melepaskan sekering miniature circuit breaker (MCB) dan menempatkan breaker pada posisi disconnecting atau test. Lalu tes sirkuit apakah dia akan memberikan pemutusan jika terjadi tegangan listrik yang besar secara tiba-tiba. Kemudian untuk memasangnya kembali, Anda perlu memberikan pelumas pada bagian-bagian yang bergerak atau poros pelumas yang sesuai. Pastikan baut-baut dan mur terpasang dengan sempurna setelah Anda memasang kembali MCB.

Dengan melakukan hal ini, Anda sudah memastikan bahwa MCB akan berfungsi dengan baik ketiga adanya korsleting di rumah.

Periksa Stop Kontak dan Saklar

Memeriksa stop kontak merupakan salah satu cara yang bisa digunakan untuk menentukan letak korsleting yang terjadi di rumah. Pemasangan stop kontak, sakelar dan fitting lampu yang tidak benar dapat menyebabkan jaringan listrik mengalami korsleting. Bagaimana cara melakukan pemeriksaan pada stop kontak? Caranya sangat mudah.

Pertama, Anda harus mematikan MCB di rumah Anda. Kemudian Anda juga mematikan seluruh stop kontak yang ada di rumah. Setelah itu hidupkan MCB, dan nayalakan satu persatu stop kontak yang ada di rumah. Jika kemudian terjadi trip atau mati MCB maka dipastikan stop kontak tersebut mengalami korsleting. Anda dapat membongkar-nya dan melakukan instalasi ulang dengan memastikan semua baut dan mur terpasang secara sempurna.

Periksa Kabel

Pemasangan kabel yang tidak sesuai dapat mengakibatkan terjadinya arus pendek atau short current. Untuk itu, Anda harus memastikan bahwa kabel listrik yang digunakan sudah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk menentukan apakah Kemampuan Hantar Arus-nya (KHA) sesuai, Anda dapat mengukurnya dengan menggunakan multitester.

Sebagai contoh, suatu instalasi listrik memiliki beban arus listrik maksimal sebesar 100 Ampere. Ini bisa dilihat dari MCB yang memuat daya maksimal yang dimiliki rumah Anda. Untuk daya sebesar 100 Ampere maka kemampuan hantar arus maksimal 125% atau 135% dari total daya, artinya kemampuan kabel yang Anda gunakan 125 atau 135 Ampere. Jika kabel Anda memiliki daya hantar arus kurang dari angka tersebut, maka Anda harus mengganti kabel pada jaringan tersebut.

Periksa Listrik Area Atap

Atap adalah bagian yang kerap dilewatkan karena cukup sulit melakukannya. Untuk itu, Anda dapat melakukan pemeriksa minimal 3 bulan sekali karena bagian atap cukup sering terjadi kerusakan akibat hama seperti tikus dan rayap. Untuk itu periksalah satu persatu kabel yang ada di atap terutama bagian sambungan isolasi yang ada di atap. Jika terdapat sambungan isolasi yang terkelupas Anda dapat langsung menutupnya dengan isolasi yang baru. Begitu juga jika terdapat kabel terkelupas, Anda dapat menutupnya dengan isolasi.

Demikian beberapa tips yang bisa Anda jalankan ketika memeriksa jaringan listrik yang ada di rumah. Pemeriksaan jaringan listrik memang memerlukan komitmen yang kuat, namun hal ini akan terbayar karena keselamatan barang dan keluarga Anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran lebih terjamin. (ADR).

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo