Ingin Beli Rumah Tapi Masih Pasangan Muda? Ini Dia 5 Tips yang Bisa Anda Tiru!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Rumah menjadi sebuah kebutuhan primer setiap orang. Apalagi bagi pasangan muda yang baru saja menikah. Memiliki rumah sendiri bagi pasangan muda menjadi tujuan utama karena tidak ingin merepotkan keluarga dengan ikut serta tinggal bersama mereka.

Namun ternyata, membeli rumah apalagi untuk pertama kalinya bukanlah hal yang mudah. Berbagai permasalahan sering muncul saat berniat membeli hunian. Oleh karena itu, Anda harus banyak berdiskusi dengan pasangan, serta harus mengumpulkan banyak informasi dan mencari beragam tips membeli rumah sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli rumah yang diinginkan.

Nah berikut ini kami berikan kepada Anda 5 tips untuk membeli rumah bagi pasangan muda yang baru menikah.

Hitung dengan Cermat Biaya yang Akan Dikeluarkan

Membeli rumah termasuk dalam urusan yang panjang. Oleh karena itu, Anda dan pasangan harus cermat serta teliti dalam menghitung berapa ongkos dan biaya total keseluruhan yang akan dikeluarkan nantinya untuk rumah baru tersebut. Hitungan itu termasuk uang muka, besaran cicilan perbulan, pajak, bunga jangka panjang, asuransi, dan utilitas lainnya, mulai dari pemasangan infrastruktur, ongkos pulang – pergi, atau ongkos untuk perbaikan yang diperlukan.

Jangan sampai Anda tergiur dengan iklan cicilan rumah murah per bulan, tapi ternyata ada tambahan biaya lainnya yang belum terhitung. Dengan menghitung pengeluaran secara cermat tersebut, Anda dan pasangan bisa menyesuaikan dengan pendapatan yang dimiliki.

Ajukan KPR

Jika Anda dan pasangan tak ingin repot membangun rumah secara mandiri, Anda bisa mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) di bank. Disarankan, sebelum mengajikan permohonan pinjaman ke bank, Anda jangan mengambil kredit kendaraan ataupun kredit lainnya. Hal ini dilakukan agar permohonan KPR Anda dapat disetujui oleh bank.

KPR Subsidi

Tips selanjutnya ialah mengikuti KPR Subsidi. Jika Anda dan pasangan tidak memiliki banyak uang untuk mengambil KPR dengan rumah yang ditawarkan oleh pengembang swasta karena harganya terlalu tinggi, maka Anda dan pasangan bisa memilih untuk mengajukan KPR subsidi yang ditawarkan oleh pemerintah. Namun syaratnya, penghasilan yang dimiliki adalah di bawah Rp4 juta per bulannya. Fasilitas ini sengaja dibuat oleh pemerintah untuk membantu Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) agar bisa memiliki rumah.

Jangan Mengontrak

Bagi Anda pasangan muda, jangan pernah terlintas untuk mengontrak rumah. Karena hal ini ternyata bisa membuat pengeluaran Anda bisa membengkak setiap bulannya. Daripada Anda dan pasangan mengeluarkan uang untuk membayar uang sewa kontrakan, lebih baik uang tersebut disimpan untuk dijadikan sebagai DP rumah nantinya. Selama mengumpulkan DP tersebut, Anda bisa tinggal di rumah orang tua atau mertua.

Survei dan Pelajari Lingkungan Rumah

Perlu diingat bahwa rumah yang akan Anda dan pasangan tempati adalah tempat untuk membesarkan anak dan keluarga nantinya. Pastikan Anda sudah melakuakan survei ke lokasi rumah secara pasti, dan mengetahui bagaimana lingkungan di sana. Sesuaikan juga dengan pola hidup yang Anda impikan bersama keluarga nantinya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo