Ingin Hemat Energi di Rumah? Ini 5 Tips yang Bisa Anda Terapkan!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Menghemat energi di rumah berarti Anda menghemat pengeluaran rumah tangga. Selain itu, menghemat energi di rumah juga bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan hidup. Lalu seperti ap acara atau tips menghemat energi di rumah? Berikut kami berikan selengkanya!

Mengganti Lampu dengan yang Hemat Energi

Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengganti lampu rumah dengan yang lebih hemat energi. Lampu LED bisa menjadi salah satu solusinya. Lampu LED membutuhkan daya yang lebih kecil dari lampu konvensional umumnya dan akan membuat tagihan listrik rumah Anda menjadi lebih berkurang.

Membuat Ventilasi Rumah yang Baik

Pendingin ruangan atau Air Conditioner (AC) merupakan salah satu elektronik yang memakan listrik dengan daya besar. Terutama di kota-kota besar, penggunaan AC di rumah lumrah terjadi. Untuk mengurangi penggunaan AC serta membuat rumah menjadi lebih hemat energi, Anda harus membuat ventilasi rumah yang baik dan benar. Ini ditujukan agar sirkulasi udara yang masuk ke rumah juga tetap terjaga dan berganti.

Hindari Mengisi Daya Ponsel di Malam Hari

Sadar atau tidak, ketika Anda mengisi daya ponsel saat malam hari hingga pagi, akan membuat pemakaian listrik lebih membesar. Walaupun terdengar sepele, namun jika dilakukan berkali – kali akan membuat tagihan listrik membengkak.

Menggunakan Air Secukupnya

Cara menghemat energi selanjutnya yang bisa diterapkan adalah dengan menggunakan air secukupnya. Dengan membatasi pemakaian air di rumah, maka Anda bisa mengurangi terbuangnya air yang sangat berharga. Anda juga bisa meminimalisir penggunaan listrik karena pompa air tidak akan bekerja secara terus menerus untuk mengalirkan air dari tanah menuju tempat penyimpanan air.

Gunakan Lebih Banyak Cahaya Alami

Pada siang hari, buka tirai dan jendela rumah Anda. Selain menghemat penggunaan lampu, membuka jendela juga baik untuk sirkulasi di rumah. Mengecat dinding interior dengan warna terang bisa meningkatkan pantulan cahaya. Pada bagian luar, Anda dapat mengecat bagian atap dengan warna putih untuk mendorong lebih banyak cahaya masuk ke dalam rumah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo