Ingin Membeli Rumah tapi Penghasilan Terbatas? Ini Tipsnya!

image

Propertinews.id, Tangerang – Rumah merupakan salah satu kebutuhan dasar yang penting bagi kita semua. Saat ini rumah tidak hanya dipandang sebagai tempat tinggal saja. Melainkan kini, rumah juga menjadi salah satu tolak ukur kemapanan dan kesuksesan seseorang. Tak hanya itu, rumah juga bisa Anda jadikan sebagai investasi properti jangka panjang yang menguntungkan.

Harga rumah yang terus melambung tinggi setiap tahunnya menjadi kendala banyak orang untuk memilikinya, terutama bagi mereka yang berpenghasilan terbatas. Namun, tak perlu khawatir, ternyata ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan keinginan membeli rumah meski memilki penghasilan yang pas-pasan, berikut tipsnya:

Manfaatkan Fasilitas KPR

Kredit Perumahan Rakyat atau KPR yang disediakan beberapa bank dapat membantu Anda untuk membeli rumah. Layanan itu bisa digunakan sebagai cara tepat mencicil rumah saat belum punya cukup uang untuk membelinya secara tunai.

Bank sendiri biasanya akan menyetujui angsuran maksimal 30 persen gaji per bulan. Selain itu, durasi cicilan yang diberikan pun lumayan panjang, berkisar 20-30 tahun, yang dibuat untuk membantu masyarakat membeli rumah walau dengan penghasilan yang tak terlalu besar.

Berhemat

Memulai pola hidup hemat mungkin terasa sulit di awal, apalagi buat yang terbiasa menjalani gaya hidup yang konsumtif. Coba awali dari hal-hal sederhana, seperti membawa bekal makan sendiri hingga mengurangi frekuensi berbelanja kebutuhan sekunder atau nongkrong.

Menabung Itu Mutlak

Jika ingin mengumpulkan uang sebagai DP rumah, menabung jadi hal yang tak bisa ditawar. Miliki niat yang kuat dan kedisiplinan untuk menyisihkan sebagian gaji untuk ditabung.

Untuk membiasakan diri menabung sejak dini, gunakan fasilitas auto-debit dari rekening yang dikhususkan untuk menerima gaji ke rekening yang dibuka khusus untuk tabungan menyimpan DP rumah. Besarannya bisa disesuaikan dengan target DP rumah yang diinginkan, yaitu antara 10-30 persen dari pendapatan.

Ambillah Cicilan Rumah yang Ringan

Di zaman sekarang ini harga rumah bisa terbilang cukup tinggi. Jika harus langsung membelinya secara cash, tentu kebanyakan orang akan kesulitan. Bahkan beberapa rumah di daerah pinggiran kota pun sudah dijual dengan harga yang tinggi. Jika menunggu uang terkumpul semua tentu akan lama dan tidak termotivasi. Untuk itu sebaiknya Anda mengambil cicilan rumah sesuai dengan jumlah pendapatan.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar keinginan membeli rumah bisa segera tercapai. Selamat mencoba! (AN)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo