Ingin Memilih Keramik untuk Lantai Rumah? Simak Dulu 5 Tips Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Keramik adalah material yang umum digunakan untuk lantai rumah. Tampilannya yang bersih, pilihan yang beragam, serta harganya yang terbilang terjangkau, membuat material keramik banyak digemari. Selain itu, lantai keramik menjadi pilihan yang paling sering digunakan sebagai bahan material lantai karena lebih tahan lama, serta halus dan sulit untuk digores. Saat memilih jenis keramik, bukan hanya desainnya yang perlu diperhatikan, namun juga kualitas dan materialnya.

Bagi Anda yang saat ini ingin memilih keramik untuk lantai rumah, jangan sampai salah. Berikut ini kami berikan beberapa tipsnya untuk Anda.

Sesuaikan Ukuran

Sesuaikan ukuran keramik yang Anda gunakan pada satu ruangan tertentu, entah itu pada dapur, kamar mandi, maupun ruang keluarga. Anda harus pintar menyesuaikan ukuran keramik lantai dengan ruangan rumah. Perlu Anda ketahui, semakin besar ukuran sebuah keramik pada ruangan, akan membuat tampilan ruangan tersebut menjadi lebih luas.

Warna Keramik

Warna keramik juga sangat penting untuk membangun kesan yang ingin Anda banggun pada ruangan. Ruangan sempit akan terasa lebih lega dan besar dengan warna keramik lantai yang lebih cerah. Warna-warna seperti krem atau pastel misalnya akan membuat area sempit seperti di kamar mandi tampak lebih besar. Warna keramik yang gelap bisa memberi kesan hangat, terutama untuk ruangan-ruangan berukuran besar yang terbuka dan memiliki cahaya ruangan yang cukup.

Perhitungkan Harga Keramik

Harga keramik yang ditawarkan tergantung pada merk dan ukuran. Misalnya saja ukuran 20x20, 40x40, 60x60, atau atau juga yang berbentuk persegi panjang seperti 30x60. Adapun harga yang dipatok berada pada kisaran Rp50-.000 hingga Rp250.000. biasanya keramik dijual per dus dengan jumlah 4 sampai 20-an. Semakin besar bentuk dan kualitas barangnya, maka akan semakin mahal pula lantainya.

Tekstur Keramik

Perlu Anda ketahui, lantai keramik memiliki berapa model dan jenis glasur. Beberapa diantaranya seperti glossy (mengkilap), satin, matte atau berstruktur. Hal inilah yang membedakan licin atau tidaknya sebuah keramik. Untuk kamar mandi dan dapur misalnya, sebisa mungkin memilih keramik yang memiliki tekstur yang tidak rata. Gunanya agar lantai tidak licin saat Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

Grout atau Nat

Grout (semen khusus pengisi celah keramik) juga memainkan peran penting untuk memberi kontras warna yang lebih sedap. Untuk menekankan permainan garis dan desain, Anda bisa memilih grout yang berwarna kontras dari warna keramik lantai. Grout dengan warna senada dengan warna keramik akan memberi efek lantai yang lega dan seamless. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo