Ingin Peralatan Rumah Tangga Anda Tahan Lama? Ini Dia Caranya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Membersihkan dan merawat peralatan rumah tangga adalah hal yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan agar peralatan yang terus-terusan dipakai tersebut bisa bertahan lama atau memiliki waktu penggunaan dalam jangka panjang. Namun, jika peralatan tersebut jarang dibersihkan maupun dirawat, dapat dipastikan Anda akan boros karena harus terus menerus mengganti perabotan dan peralatan rumah tangga Anda, karena peralatan yang lama akan cepat rusak.

Nah jika Anda bingung harus bagaimana untuk merawat peralatan rumah tangga, berikut ini kami berikan bebapa tips nya yang bisa dijadikan referensi.

Material Plastik

Biasakan mencuci peralatan plastik dengan air hangat yang ditambah dengan sabun cuci piring, lalu keringkan. Apabila masih tercium aroma lemak, Anda bisa menyegarkannya dengan jeruk nipis. Sebaiknya jangan menggunakan bahan plastik sebagai wadah makanan yang baru dimasak karena beresiko karsinogenik (pemicu kanker).

Merawat Lemari Es

Lemari es atau kulkas menjadi perangkat wajib rumah tangga untuk menyimpan bahan atau sisa makanan. Untuk itu, lemari es wajib dengan rutin dibersihkan minimal 1 bulan sekali. Hal in bermanfaat untuk menjaga higenitas dari lemari es, serta membantu mengecek makanan apa saja yang masih ada dan perlu untuk segera diolah. Perhatikan pula kapasitas lemari es. Karena jika mengisi kulkas secara berlebihan akan membuat perangkat tidak bekerja secara maksimal. Dan jangan memasukkan makanan atau minuman panas langsung ke dalam kulkas karena dapat menyebabkan kulkas bekerja lebih keras untuk mendinginkannya.

Material Kayu

Perabotan yang menggunakan material kayu akan lebih rentan terkena jamur. Oleh sebab itu, Anda harus rutin membersihkan seluruh permukaannya dengan sabun dan bilas dengan air yang mengalir. Kemudian angin-anginkan sampai benar-benar kering. Dengan begitu, kebersihan perabotan kayu lebih terjamin.

Merawat Mesin Cuci

Hindari meletakkan mesin cuci di kamar mandi. Karena lingkungan kamar mandi yang lembab, dapat membuat mesin cuci mudah koslet sehingga berbahaya bagi keamanan pengguna. Tak hanya itu, Anda juga harus rutin membersihkan tabung, laci detergen dan filter mesin cuci secara teratur. Menjaga kebersihan perangkat berarti menjaga kualitas kebersihan dari pakaian atau objek lain yang dicuci menggunakan mesin cuci. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo