Ingin Renovasi Rumah dengan Dana Terbatas? Ini Tipsnya!

image

propertinews.id, Tangerang – Semua orang tentu ingin mewujudkan hunian sesuai dengan yang diimpikan. Sayangnya, menciptakan hunian tentu tidak membutuhkan dana yang sedikit. Anda harus mempersiapkan dana bahan bangunan, dana konstruksi, hingga dana untuk para pekerja yang akan merenovasi rumah Anda.

Tak perlu khawatir jika Anda hanya memiliki dana terbatas, PropertiNews telah merangkum 3 tips terbaik supaya Anda bisa tetap merenovasi hunian dengan hemat:

  1. Cermat memilih bahan bangunan

Bahan bangunan pasti terdiri dari berbagai merk dan varian harga. Jangan terburu-buru memilih bahan bangunan untuk Anda gunakan dalam hunian. Pastikan Anda membanding-bandingkan satu produk dengan yang lainnya, dan usahakan Anda mencari promo atau potongan harga menarik dari berbagai toko bangunan yang menyediakan produk yang Anda perlukan.

  1. Hitung segala biaya dengan teliti

Tidak hanya memerlukan biaya untuk membeli berbagai bahan bangunan, Anda juga harus menghitung biaya ongkos untuk para pekerja, serta biaya konstruksi yang diperlukan. Hitung segala perkiraan yang harus Anda pertimbangkan, mulai dari luas bangunan, jumlah ruangan yang akan direnovasi, dan sesuaikan dengan uang simpanan yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan berbagai metode yang praktis, seperti Metode BOW, Metode SNI, ataupun Metode RAB.

  1. Gunakan furnitur lama

Memiliki hunian baru tidak berarti Anda harus memiliki perabotan baru. Jika Anda masih memiliki banyak furnitur lama yang berguna, Anda bisa memperbaiki, mengecat ulang, atau membersihkan perabotan lama tersebut secara optimal, sehingga dana yang Anda miliki lebih bisa Anda sisihkan untuk membayar jasa konstruksi.

 

Sebelum Anda memutuskan untuk merenovasi sebuah hunian, Anda juga tidak boleh melupakan konsep yang ingin diterapkan. Konsep minimalis sederhana dapat menjadi acuan untuk Anda merenovasi hunian dengan tidak berlebihan. Sesuaikan juga konsep tersebut dengan dana yang telah Anda persiapkan. Hindari renovasi over-budget dan pilihlah berbagai produk bangunan yang awet dan tahan lama. Selamat merenovasi! (JES)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo