Ini Dia Tips Memasang Pintu Geser di Rumah Agar Tahan Lama!

image

Propertinews.id, Tangerang – Tren pemasangan pintu geser pada hunian semakin banyak diminati oleh masyarakat luas. Selain mudah digunakan, pintu geser juga dapat menghemat penggunaan ruang yang terbatas. Desain pintu geser yang unik dan menarik juga akan menambah kesan estetik pada ruangan. Pintu jenis ini dapat dijadikan sebagai partisi ruangan yang akan membuat suatu ruangan menjadi tampak lebih luas. Sistem pintu geser juga akan memungkinkan ruangan untuk mendapat bukaan yang lebih luas sehingga sirkulasi udara dan pencahayaan pada ruangan menjadi lancar.

Jika Anda tertarik untuk mengaplikasikan pintu geser pada rumah Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti dalam memasang pintu geser dengan benar agar pintu yang dipasang tahan lama.

Pertimbangkan Lokasi Pintu Geser

Tips pertama yang bisa Anda lakukan saat memasang pintu geser adalah dengan mempertimbangkan lokasinya. Pintu geser dapat Anda terapkan untuk interior maupun eksterior rumah. Namun, Anda perlu memperhatikan penempatan lokasi pintu geser karena spesifikasi pintu yang digunakan untuk interior akan berbeda dengan pintu untuk eksterior. Jika Anda ingin memasang pintu geser untuk eksterior, usahakan untuk memilih fitur yang tahan cuaca dan juga antikorosi, terutama pada bagian rel pintu, agar pintu geser dapat bertahan lama dan tidak mudah berkarat.

Perhitungkan Beban Pintu yang Akan Dipasang

Setelah mempertimbangkan lokasi pintu geser, Anda perlu memperhitungkan beban dari pintu geser yang akan dipasang. Beban pintu akan mempengaruhi perangkat serta kusen yang perlu dibangun. Misalnya saja, jika beban pintu memiliki berat lebih dari 9 kg, maka Anda perlu menggunakan perangkat serta kusen yang kuat. Hal tersebut dilakukan agar pintu geser tidak roboh dan rangka pintu dapat menahan bobot pintu dengan baik. Selain itu, beban pintu juga akan mempengaruhi desain rel pintu yang akan digunakan.

Menentukan Sistem Pintu Geser yang Digunakan

Pintu geser terbagi menjadi dua jenis jika dilihat dari sistem bebannya, yakni tipe top hung dan bottom rolling. Pada tipe pintu geser top hung, beban pintu dipusatkan pada sisi atas dengan desain pintu yang digantung. Sementara itu, tipe bottom rolling akan memusatkan beban pada bagian bawah pintu sehingga langsung mengalir ke lantai ruangan. Oleh karenanya, Anda tetap bisa memasang pintu geser meskipun struktur atas rangka pintu kurang kuat.

Menentukan Material Pintu Geser

Dalam pemasangan pintu geser, material yang digunakan akan mempengaruhi bobot pintu sehingga detail sambungan yang digunakan pun akan berbeda-beda. Anda dapat menggunakan material kayu, PVC, ataupun triplek agar pintu geser pada rumah Anda tidak terlalu berat. Jika Anda ingin menggunakan pintu geser untuk eksterior, pastikan Anda menggunakan pintu dengan material yang lebih kuat seperti aluminium ataupun kaca.

Pilih Handle Pintu yang Nyaman

Untuk penggunaan handle pintu, Anda dapat menyesuaikan dengan lokasi pemasangan pintu. Jika Anda ingin memasang pintu geser untuk eksterior, maka sebaiknya Anda memilih handle pintu dengan tuas seperti tipe lever on blackplate atau lever on rose. Sedangkan untuk pintu geser yang dipasang pada interior, Anda dapat menggunakan handle tanpa tuas agar dapat lebih nyaman dalam membuka dan menutup pintu geser.

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan dalam memasang pintu geser pada rumah Anda. Pemasangan yang tepat dan benar tentu akan mempengaruhi fungsi pintu dan juga ketahanan dari pintu geser yang diterapkan. Pastikan juga untuk rutin mengecek serta menjaga kondisi rel yang digunakan pada pintu geser agar kotoran tidak menumpuk sehingga tidak menghambat pergerakan pintu geser. (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo