Jangan Sampai Jadi Sarang Kuman, Ini 5 Tips Bersihkan Talenan Kayu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Talenan kayu merupakan sebuah peralatan masak yang diperuntukkan sebagai wadah untuk memotong berbagai bahan makanan, seperti daging, sayur, rempah, hingga cabe. 

Karena sering digunakan, talenan kayu sangat rentan untuk kotor dan menjadi sarang kuman. Untuk itu, penting bagi Anda rutin membersihkan talenan kayu. Bagaimana caranya? Berikut ini kami punya 5 tips yang bisa Anda terapkan. 

Menggunakan Air Panas 

Bilas talenan kayu yang baru saja digunakan dengan air panas, lalu tambahkan sabun cuci piring dan usap menggunakan sponge atau sikat selama beberapa menit. Setelah itu, tinggalkan talenan yang telah dicuci dengan mengeringkannya di sisi tembok. 

Ramuan Lemon dan Garam 

Metode ini sangat mudah dilakukan dan mampu memberikan aroma yang segar. Cukup siapkan irisan lemon dan garam. Pertama, taburkan garam ke seluruh permukaan talenan kayu, lalu gosok dengan lemon hingga mengeluarkan sarinya. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih. 

Sterilkan dengan Cuka 

Anda juga bisa mensterilkan talenan kayu dengan bantuan cuka. Caranya, rendam talenan dalam larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:4. Rendam selama sekitar 30 menit lalu bilas hingga bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan talenan hingga benar – benar kering sebelum menyimpannya. 

Menggunakan Baking Soda 

Cara membersihkan talenan kayu selanjutnya adalah dengan baking soda atau soda kue. Baking soda tidak hanya mampu menghilangkan bau pada talenan, tapi juga dapat membuatnya menjadi lebih bersih. Cukup gosokkan talenan kayu dengan campuran baking soda, garam, dan air hingga bersih, lalu bilas menggunakan air hangat. 

Minyaki Permukaan Talenan 

Talenan kayu bisa pecah dan menjadi kering serta rapuh. Untuk menghindarinya, olesi minyak secara rutin sebulan sekali. Hindari menggunakan minyak zaitun. Gunakan saja minyak kelapa yang biasa Anda gunakan untuk menggoreng sajian. Setelah dilumuri minyak, bilas dan cuci hingga bersih, kemudian keringkan dan simpan di tempat yang tidak lembab. (ZH)     

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo