Mau KPR? Berikut Tips Memilih Bank untuk Pengajuan KPR

image

Propertinws.id, Tangerang – Kredit Pemilikan Rumah (KPR) kini menjadi solusi di tengah kesulitan masyarakat dalam membeli rumah. KPR sendiri berarti kredit yang digunakan untuk membeli rumah. Dalam praktiknya, bunga pada KPR berbeda-beda, tergantung besar kecilnya angsuran.

Jika Anda tertarik untuk KPR rumah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah memilih bank yang tepat. Anda harus jeli dalam memilih bank penyalur KPR. Salah-salah bukannya untung justru Anda akan mengalami kesulitan.

Lantas, bagaimana cara memilih bank yang tepat untuk mengajukan KPR? Simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini:

1.       Bandingkan Bunga

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, besaran bunga KPR berbeda-beda. Oleh karena itu, pilihlah bank yang menawarkan bunga rendah sehingga dapat menguntungkan Anda.

Pilih beberapa daftar bank, kemudian bandingkan mana yang paling rendah di antara daftar bank tersebut, baik berupa bunga fixed atau floating. Dengan begitu, Anda bisa menemukan bank yang tepat.

2.       Pilih Bank dengan Pelayanan Terbaik

Berikutnya yang harus Anda perhatikan dalam memilih bank KPR adalah memilih bank yang memberikan pelayanan terbaik. Hal ini bisa dilihat dari cara mereka menjelaskan produk KPR secara detail, kemudian dalam simulasi KPR, mereka juga bisa menjelaskannya dengan baik.

3.       Biaya KPR

Dalam praktik pembayaran KPR, biasanya Anda diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya yang terkait dengan biaya propisi, adiministrasi, asuransi jiwa, asuransi kebakaran, hingga biaya notaris.

Tentu banyaknya biaya tambahan tersebut semakin memberatkan Anda untuk membayar KPR. Jadi, sebisa mungkin carilah bank yang menawarkan biaya ringan dan yang terpenting sesuai dengan kemampuan kantong Anda.

4.       Reputasi Bank

Reputasi bank tak kalah penting untuk diperhatikan sebelum memilih bank KPR. Tingkat kepercayaan menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan.

Oleh sebab itu, Anda harus mencari informasi terkait reputasi bank yang Anda pilih. Cara mudahnya Anda bisa menanyakan hal tersebut kepada agen properti atau pihak pengembang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memilih bank dalam pengajuan KPR. Ingat, jangan salah memilih agar tidak menyesal di kemudian hari. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo