Musim Hujan dan Takut Rumah Kebanjiran? Terapkan Desain Rumah Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bencana banjir menjadi momok manakutkan bagi penghuni rumah yang tinggal di kawasan rawan banjir. Apalagi jika hujan deras yang terus mengguyur selama beberapa hari. Rumah yang kebanjiran dapat mengalami berbagai kerugian, salah satunya rumah bisa cepat aus dan lapuk akibat terendam air berhari-hari. Hal itu akan membuat Anda mengeluarkan biaya untuk perbaikan dan renovasi.

Nah, sebelum menjadi mimpi buruk buat Anda, ada baiknya sejak awal Anda membangun rumah dengan desain anti banjir. Seperti apakah itu? Berikut rinciannya!

Rumah Bertonggak Beton

Rumah dengan desain ini sepenuhnya dibangun dengan menggunakan kayu yang ditopang oleh toggak beton di bagian dasarnya, Tonggak beton berfungsi sebagai penahan jika air bah mendadak datang. Rumah tipe ini cocok didirikan di area yang sering terkena banjir dengan ketinggian 30-60 cm.

Paduan Beton dengan Kayu

Ini adalah variasi desain bagi Anda yang ingin punya rumah tahan banjir tapi tetap tampil gaya. Bisa dilakukan dengan menggunakan dinding kayu (tergantung dinding rumah terbuat dari material apa), Anda bisa memilih warna yang mendekati warna struktur beton di bawah rumah.

Rumah Gaya Eropa anti Banjir

Meski terlihat biasa saja, tapi sesungguhnya rumah ini dibuat dengan struktur beton, yang membedakannya hanya ketinggian dari struktur betonnya saja. Dengan tambahan teras di bagian depan, struktur beton bisa menyamarkan hunian Anda dan membuat rumah terlihat lebih cantik.

Rumah Berlapis Logam

Rumah jenis ini dapat dibangun di atas struktur beton solid untuk menjamin kekuatannya saat terjadi pergerakan tanah. Dinding rumah yang Anda pilih bisa terbuat dari dua macam bahan, yaitu kayu di dalam dan logam di luar. Hal ini dilakukan karena logam lebih kuat menahan arus air saat banjir datang. Sayangnya, hanya ada beberapa jendela kaca di bawah karena kaca bisa pecah saat diterpa arus air yang sangat kuat.

Rumah Tradisional

Bentuk rumah dengan struktur kayu yang mirip dengan rumah panggung ini sudah ada sejak zaman dulu di pelosok wilayah Indonesia. Memadukan nuansa tradisional, Anda bisa gabungkan dengan sentuhan modern yang akan membuat rumah terlihat minimalis etnik. Dominai warna coklat pada kayu dan atap membuat rumah juga terasa lebih homey. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo