Rumah Anda Kebanjiran? Ini Hal Penting yang Harus Dilakukan

image

PropertiNews.id, Tangerang – Seperti diketahui banjir adalah bencana yang paling sering melanda Indonesia. Penyebabnya faktor ulah manusia, penggunaan lahan yang tidak tepat, pembuangan sampah ke dalam sungai, hingga pembangunan pemukiman di daerah dataran banjir. 

Nah jika rumah Anda terkena banjir, ini beberapa hal penting yang bisa Anda lakukan. 

Selamatkan Dokumen 

Jika masih sempat menyelamatkan barang-barang penting ketika genangan air masuk ke rumah, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyelamatkan semua dokumen-dokumen penting dan memastikannya aman.

Jangan Panik 

Hal lain yang wajib Anda lakukan adalah tetap tenang dan tidak panik. Karena jika Anda panik, risiko baru mungkin akan terjadi seperti luka fisik, bahkan kematian. 

Mematikan Aliran Listrik

Saat air sudah mulai menggenangi area depan rumah, sebaiknya matikanlah sistem aliran listrik di rumah Anda. Namun, pastikan Anda tidak berjalan melalui genangan air menuju sekring listrik.

Melakukan Evakuasi 

Jika keadaan semakin memburuk dan Anda merasa tidak bisa menghentikannya, lakukanlah evakuasi atau pengungsian ke luar rumah. Temukan tempat yang kering dan aman. Anda bisa pergi ke halaman, rumah tetangga, atau rumah kerabat lain yang tidak mengalami masalah serupa.

Gunakan Air Bersih dan Bahan Pangan dengan Efisien 

Saat menghadapi musibah banjir, sebaiknya Anda menggunakan air bersih dan bahan pangan dengan efektif dan efisien.  (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo