Sebelum Panggil Jasa Penyedot, Lakukan Dulu 5 Cara Mengatasi WC Mampet Ini!

image

PropertiNews.id, Tangerang – WC mampet bisa saja terjadi di setiap rumah. WC yang mampet dapat menimbulkan masalah lain seperti kamar mandi yang banjir hingga keluarnya bau yang tidak sedap. Ada banyak faktor yang menyebabkan WC mampet. Salah satunya yang paling sering terjadi adalah akibat kebiasaan buruk membuang sampah ke dalam WC.

Jika WC telah mampet, banyak pemilik rumah yang memilih untuk langsung memanggil jasa penyedot WC, dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Jika WC Anda mampet, jangan buru-buru panggil jasa penyedot. Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara berikut ini!

Menggunakan Sabun Cuci Piring dan Air Panas

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan air panas dengan sabun cuci piring. Anda hanya perlu menyediakan 1 cangkir sabun cuci piring cair, air panas yang cukup banyak, dan handuk. Letakkan handuk di lantai sekitar WC untuk melindunginya dari tumpahan air WC. Masukkan sabun cuci piring ke dalam WC dan diamkan hingga sabun mengendap. Sabun cuci piring berguna untuk melicinkan pipa saluran WC agar benda yang menymbat mampu mengalir ke dalam septi tank dengan lebih mudah.

Lalu, Tuangkan air panas sebanyak mungkin tapi jangan sampai air keluar dari WC. Diamkan selama 20 menit. Lalu, flush WC untuk mengecek apakah WC masih tersumbat. Jika iya, lakukan cara mengatasi WC mampet ini lagi hingga WC kembali beroperasi normal.

Menggunakan Soda Api

Cara mengatasi WC mampet dengan soda api atau nama lainnya Natrium Hidroksida adalah salah satu yang dikenal ampuh. Bahan ini akan bereaksi secara langsung dengan air kemudian menimbulkan gelembung, yang jadi pertanda sedang ada proses penghancuran benda seperti kotoran menumpuk, terutama yang berjenis organik. Tenang saja, meski berbentuk padat, soda api sendiri tidak akan menyumbat WC, karena pada akhirnya bahan ini akan memuai karena berinteraksi langsung dengan air. 

Menggunakan Plastik Pembungkus Makanan

Sediakan plastik pembungkus makanan dan gunakan untuk menutupi tempat duduk WC. Pastikan plastik benar-benar menempel. Lalu tekan tombol flush. Plastik akan mengembang dan kamu harus menekannya berulang kali. Cara mengatasi WC mampet ini dilakukan untuk menekan balik udara ke dalam WC sehingga udara tersebut mendorong benda yang menyumbat WC. Setelah selesai, aliran air WC pun kembali lancar.

Menggunakan Baking Soda dan Cuka

Cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan menggunakan baking soda dan cuka. Cara melakukannya pun juga cukup mudah. Anda hanya perlu menaburkan satu cangkir baking soda ke permukaan air WC. Diamkan hingga baking soda mengendap. Tuangkan dua cangkir cuka ke dalam WC dengan gerakan memutar. Hal ini dilakukan agar cuka bisa menyebar secara rata. Nantinya hal itu akan menghasilkan gelembung-gelembung akibat reaksi kedua bahan makanan tersebut. Tidak perlu khawatir, hanya saja pastikan gelembung-gelembung itu jangan sampai keluar dari WC. Diamkan kembali selama satu jam, kemudian siram dengan air biasa. Jika masih mampet, kalian bisa menambahkan lebih banyak lagi baking soda ke dalam WC. Setelahnya, diamkan semalaman untuk hasil terbaik.

Menggunakan Produk Enzimatis

Produk ini bisa membantu mengatasi WC mampet tanpa merusak saluran pembuangan. Caranya pun terbilang mudah, karena Anda tinggal tuangkan produk ini sesuai dengan aturan pakai ke bagian lubang WC. Namun ini lebih efektif digunakan untuk WC yang mampet atau tersumbat karena kotoran organik, bukan karena benda padat.

Bicara penggunaan cairan khusus, Anda bisa pula coba cairan kimiawi yang bisa dibeli di toko-toko bahan kimia ataupun toko perkakas dan toserba. Tapi karena ini termasuk zat beracun dan mempunyai sifat yang bisa merusak saluran, sebaiknya jadikan ini langkah terakhir saja. (ZH)

 

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo