Tagihan Listrik Membengkak? Terapkan 5 Tips Ini agar Hemat!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Banyak masyarkat yang mengeluhkan tagihan listrik yang membengkak setiap bulannya. Padahal, tagihan listrik yang membengkak bisa jadi karena penggunaan listrik yang boros tanpa disadari oleh sang pemilik rumah. Semakin tinggi ketergantungan terhadap listrik, maka semakin banyak pula penggunaan listrik dalam satu hari, dan jika diakumulasikan dalam satu bulan, maka hasilnya akan terlihat melalui nominal tagihan listrik.

Mengingat bahwa ketersediaan energi listrik dan air terbatas sementara kebutuhan kita dalam menggunakannya tidak pernah selesai, maka untuk meminimalisir bengkaknya tagihan listrik maupun air harus disiasati dengan pola hidup hemat.

Anda bingung bagaimana cara mengehemat listrik di rumah? Simak beberapa tips yang telah kami rangkum berikut ini!

Cabut Kabel atau Peralatan dari Saklar saat Tidak Digunakan

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya gadget, TV, setrika maupun barang elektronik lainnya. Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan listrik untuk itu, sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel yang masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off, karena listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda.

Gunakan AC dengan Bijak

Penggunaan AC ternyata membutuhkan konsumsi yang lebih besar dibandingkan dengan alat elektronik lainnya. Cara menghemat listrik AC sebenarnya mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membatasi penggunaan sesuai kebutuhan. Anda bisa meminimalisir udara panas di rumah dengan memaksimalkan pengaturan udara segar di rumah, sehingga Anda tidak harus menggunakan AC. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jenis AC dengan teknologi hemat energi.

Memasang Lampu Hemat Energi

Menggunakan lampu hemat energi seperti lampu LED bisa menjadi salah satu cara menghemat penggunaan listrik di rumah agar tidak terlalu besar. lampu LED juga bisa didapatkan dengan harga terjangkau di toko listrik terdekat. Meski terbilang agak mahal, namun saat ini banyak pilihan tergantung mereknya. Semakin mahal maka semakin awet bertahan hingga bisa setahun lebih.

Kurangi Pemakaian Lampu di Siang Hari

Ada baiknya Anda menggunakan cahaya alami di siang hari. Apabila rumah Anda memiliki natural lighting, maka matikan lampu saat di siang hari dan cukup dinyalakan saat malam hari. Anda juga bisa membuka beberapa jendela dan ventilasi untuk mendapatkan cahaya lebih.

Jangan Menggunakan Water Heater

Water heater saat ini sudah banyak digunakan di setiap rumah. Hal ini dikarenakan penggunaan yang praktis, cepat, serta fungsional. Akan tetapi, banyak orang yang tidak menyadari bahwa water heater memiliki daya listrik yang cukup tinggi dan bisa menguras kantong. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo