Tips Jitu Membeli Properti Untuk Ruang Bisnis

image

PropertiNews.id, Tangerang - Dengan adanya kemajuan teknologi dan bisnis e-commerce yang kian tumbuh, memberikan dampak yang besar pada kebutuhan ruang bisnis. Salah satu buktinya yaitu dengan semakin menjamurnya virtual office atau penyewaan kantor dan juga model co-working space atau kata lain ruang kerja yang bisa disewa bersama.
Tetapi, sama halnya dengan membeli hunian, ruko atau rukan juga mengandung resiko tersendiri. Tom Grounds, periset dari Knight Frank menjelaskan bahwa sekalipun berada di lokasi yang sama, unit properti komersial biasanya menawarkan harga jual atau tarif sewa yang lebih tinggi ketimbang residensial.
Kondisi pada pasar properti juga memberi pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan harga properti komersial. Misalnya dimana pada area SCBD mengalami lonjakan harga sewa yang fantastis. Nanum seiring berjalannya waktu, keadaan makin berubah. Kondisi pasar yang lemah menurunkan minat tenant yang ingin menyewa.
Untuk itu perlunya panduan untuk Anda agar lebih mudah mengambil keputusan yang tepat, yuk simak 8 tips penting dibawah sebelum Anda membeli properti untuk bisnis.

  1. Berhati-hatilah dalam menentukan lokasi
    Perhatikan lokasi mana yang akan Anda pilih untuk membeli unit properti komersial. Pada pasalnya, di lokasi itulah Anda akan dikunjungi pelanggan atau mengundang klient untuk melakukan meeting secara rutin.
    Memilih lokasi yang ideal juga menjadi pertimbangan penting bagi karyawan. Tidak harus berada pada pusat kota, hal terpenting adalah akses menuju transportasi public seperti bus kota, jalan tol, atau stasiun kereta api.
  2. Ambil keuntungan dari kondisi suku bunga rendah
    Walaupun nilai suku bunga saat ini terbilang fluktuatif, namun Anda dapat memanfaatkan beberapa promo perbankan yang menawarkan suku bunga rendah dalam program cicilan KPR-nya. Jika program promosi suku bunga rendah berakhir, Anda pun bisa melakukan refinancing ke penyedia perbankan lainnya yang menawarkan bunga paling rendah.
  3. Memutuskan keputusan dengan logika, bukan perasaan
    Dalam membeli unit properti komersial sama artinya dengan Anda membeli suatu aset untuk perusahaan. Jika bisnis Anda masih dalam skala start up, alangkah baiknya jika Anda menyewa sebuah ruko atau ruang bisnis saja. Ketidakpastian dalam pengelola keuangan harus menjadi pertimbangan utama sebelum Anda siap membeli suatu unit properti.
  4. Fleksibel merupakan Kunci
    Pilihlah ruang bisnis yang fleksibel dan dapat beradaptasi dengan berbagai jenis-jenis usaha, mulai dari desain hingga lokasinya. Sehingga jika ingin merubah model bisnis, dapat langsung disesuaikan saja dengan ruangannya. 
  5. Jangan Lewatkan Survei
    Pastikan Anda sudah berkonsultasi dengan entrepreneur yang berpengalaman atau ahli konstruksi bangunan dalam hal mengecek kondisi bangunan. Jangan hanya bersandar pada riset umum, tetapi lakukanlah survey dan perbandingan ketika membeli properti untuk keperluan bisnis atau tempat tinggal.
  6. Tren Properti Sekitar
    Terakhir, sebagai aset investasi kedepannya dan pengembangan bisnis ke depan, lokasi properti harus memiliki nilai yang menjanjikan. Sehingga perlu sekali mencari tahu akses infrastruktur dan perencanaan proyek terbaru di sekitar properti yang dapat mempengaruhi nilai properti dimasa depan. (IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo