Tips Memilih Rumah Agar Anda Tidak Salah Langkah

image

PropertiNews.id, Tangerang - Memilih rumah bisa menjadi hal yang menarik sekaligus menakutkan, Anda harus berhati-hati agar tidak salah langkah dan kecewa di kemudian hari.
Memilih rumah di perumahan bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang sedang mencari rumah. Memiliki rumah di perumahan akan memberikan banyak keuntungan, yaitu tetangga baru dan pengalaman baru hidup bersama dengan komunitas besar.
Agar Anda tidak salah langkah, simak tips memilih rumah berikut ini!
  1. Harga Rumah Terjangkau
    Ketika kebanyakan orang bermimpi memiliki rumah keluarga yang luas dan mewah, Anda tidak harus memaksakan hal tersebut jika anggaran tidak mencukupi. Mungkin saja pembiayaan rumah bisa dibantu dengan kredit pemilikan rumah atau disingkat KPR.
    Namun jika Anda tidak nyaman melakukan cicilan dalam jangka waktu dan jumlah yang besar, ada baiknya untuk memilih rumah dengan harga yang sesuai dengan kemampuan.
    Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, developer perumahan, khususnya di kota-kota besar berlomba membangun hunian mungil dikarenakan lahan yang semakin terbatas.
  2. Legalitas
    Saat ini masyarakat mencari properti yang sudah memiliki status SHM (Sertifikat Hak Milik) dan SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).
    Sertifikat Hak Milik atau SHM merupakan sertifikat kepemilikan penuh seseorang atas satu lahan atau tanah Oen pemegang sertifikat. SHM merupakan bukti kepemilikan terkuat atas satu lahan.
    Sertifikat Hak Guna Bangunan atau SHGB adalah jenis sertifikat bagi para pemegang sertifikat yang hanya dapat memanfaatkan satu lahan untuk mendirikan bangunan atau keperluan lain dalam kurun waktu yang telah ditentukan.
    Kepemilikan lahan HGB sendiri dipegang oleh negara. Biasanya, batas waktu SHGB sendiri memiliki batas waktu 20 hingga 30 tahun dan dapat diperpanjang. Setelah melewati batas waktu tersebut, pemilik sertifikat harus mengurus perpanjangan SHGB.
  3. Lokasi
    Dalam pemilihan lokasi Anda bisa memilih apakah cukup dekat dengan tempat kerja? Kemudahan akses transportasi seperti KRL ataupun LRT? Aman tidaknya dari bahaya banjir? Seperti apa akses jalan utama menuju rumah? Apakah kondisinya penuh lubang atau sulit dijangkau karena terlalu sempit untuk dilewati mobil? Selain wujud fisik dari rumah, kita juga harus menyertakan intuisi di dalamnya. Apa kesan pertama kali dalam beberapa detik pertama ketika Anda sedang berada di lokasi perumahan? Apakah rumah ini memberikan kesan bahagia atau justru menekan Anda?
  4. Lingkungan
    Jika Anda memiliki anak sesuaikan lingkungan dengan kebutuhan anak. Seperti adanya fasilitas lapangan ataupun taman tempat mereka bermain. Adakah anak-anak seumuran di sekitarnya? Apakah kondisi lingkungan cukup aman dan kondusif untuk tumbuh kembang anak?
  5. Dekat dengan Pusat Aktifitas
    Lokasi rumah yang dekat dengan sekolah, kawasan perbelanjaan, rumah sakit, perpustakaan, tidak kalah penting untuk “memanjakan” keluarga kecil Anda.
    Lebih baik lagi jika sejumlah fasilitas tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki atau bersepeda. Dengan begitu anak-anak bisa mencapai sekolah dengan mudah sehat dan murah. Yang terpenting, akses orangtua menuju tempat bekerja juga bisa perlu diperhitungkan. (IC)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo