Tips Merawat Rumah Kosong agar Tetap Nyaman dan Bersih

image

Propertinews.id, TangerangAda banyak alasan masyarakat yang membeli rumah namun jarang ditempati sehingga rumah tersebut akan kosong begitu saja. Beberapa alasan seperti pemilik rumah yang pindah keluar kota, rumah yang dijadikan investasi, ataupun rumah yang dipersiapkan untuk masa tua dapat menyebabkan rumah menjadi kosong tak berpenghuni. Apapun alasannya, rumah kosong akan sangat rentan mengalamai kerusakan dan bahkan diserang berbagai jenis hama seperti rumput liar, tikus, dan serangga.

 Kerusakan yang terjadi di rumah yang jarang dihuni akan mempengaruhi nilai investasinya. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan perawatan terhadap rumah yang jarang Anda huni. Cara paling mudah namun membutuhkan biaya adalah dengan menyewa orang untuk senantiasa memeriksa dan merawat keadaan di rumah kosong tersebut.

baca juga: Musim Hujan Tiba? Berikut Cara Antisipasi Dinding Rembes

Namun, Anda juga dapat melakukan perawatan tanpa mengeluarkan biaya sewa tenaga orang lain. Propertinews.id akan membagikan tips dan trik merawat rumah kosong yang praktis. Simak selengkapnya di sini.

Menyewakan Rumah

Salah satu cara yang paling menguntungkan untuk merawat rumah kosong yang Anda tinggalkan adalah dengan menyewakannya kepada orang lain. Dengan menyewakan rumah kosong, Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Pertama, adanya pendapatan pasif (passive income) dari hasil uang sewa rumah. Kedua, perawatan akan menjadi tanggung jawab penyewa sepenuhnya. Namun, menyewakan rumah-pun memiliki resiko tersendiri apalagi jika penyewa tidak mampu mengurus rumah dengan benar. Untuk mengantisipasinya, Anda dapat menyeleksi penyewa rumah. Sewakanlah rumah pada orang yang benar-benar Anda percaya mampu merawat rumah Anda.

Memberikan Sirkulasi Udara

Rumah kosong biasanya akan lama tertutup sehingga udara di dalam rumah akan menjadi apek dan sumpek. Oleh karena itu, Anda dapat mengunjungi rumah kosong minimal satu bulan sekali untuk sekedar membuka jendela agar sirkulasi udara di rumah kosong dapat berjalan kembali. Bukalah pintu dan jendela selama 6 jam untuk membiarkan udara bebas keluar masuk ruangan rumah. Dengan begitu, kualitas udara di dalam rumah akan menjadi baik, apalagi jika udara di lingkungan rumah kosong cenderung lembab. Udara lembab yang dibiarkan dalam waktu lama lambat laun akan menggerogoti berbagai furnitur yang ada di dalamnya.

Menutupi Furnitur dengan Kain Penutup

Salah satu permasalahan yang terjadi pada rumah kosong adalah akumulasi debu yang jarang dibersihkan. Debu yang menumpuk dapat menyebabkan furnitur seperti meja, sofa, dan lemari cepat rusak. Oleh karena itu, Anda dapat menutupi furnitur rumah kosong dengan kain penutup untuk melindunginya dari terpaan debu yang menumpuk. Dengan begitu, furnitur di rumah kosong dapat awet dan bertahan lebih lama. Jangan lupa untuk membuka kain penutup dan membersihkan debu yang menempel ketika Anda berkunjung ke rumah kosong tersebut.

Menyalakan Lampu

Masalah lain yang sering terjadi pada rumah kosong adalah kelembababan. Tingginya tingkat kelembapan dapat merusak berbagai bagian rumah kosong seperti merusak cat rumah, mempercepat kusen kayu keropos, bahkan merusak furnitur yang ada di dalam rumah. Untuk itu, menghindari kelembapan di dalam rumah sangat penting. Caranya adalah dengan menyalakan lampu di rumah kosong. Selain membantu menghilangkan kelembapan, lampu juga akan turut membantu melindungi rumah dari gangguan orang jahat karena dengan adanya lampu lingkungan sekitar rumah jadi leih mudah diawasi.

Membersihkan Rumah Secara Berkala

Rumah kosong yang ditinggalkan begitu saja akan menyebabkan debu dan sampah menumpuk. Oleh karen aitu, Anda wajib mengunjungi rumah kosong yang ditinggalkan minimal satu bulan sekali. Selain untuk membuka sirkulasi udara juga untuk membersihkan rumah secara menyeluruh. Anda dapat membersihkan bagian dalam rumah kemudian bergerak ke arah luar. Kegiatan bersih-bersih rumah juga dapat dilakukan bersama anggota keluarga lain agar terasa lebih menyenangkan.

Memperbarui Cat Rumah

Cat rumah memang menjadi elemen rumah kosong yang paling mudah rusak, apalagi jika terdapat kelembaban tinggi dan udara yang tidak tersirkulasi dengan baik. Oleh karena itu, perbaruilah cat minimal satu tahun sekali apabila dirasa cat rumah kosong Anda sudah rusak dan kusam. Dengan mengganti dan memperbarui cat rumah, maka rumah kosong Anda akan tetap nampak cantik dan indah. Sehingga ketika Anda akan menempati rumah tersebut, rumah masih terasa nyaman dan bersih.

Perbaiki Kerusakan-kerusakan Kecil

Saat Anda mengunjungi rumah tentu Anda harus memeriksa apakah terjadi kerusakan kecil seperti kebocoran, cat terkelupas, atau kaca pecah. Kerusakan kecil yang dibiarkan dalam waktu yang lama akan mengakibatkan kerusakan yang lebih besar. Oleh karena itu, Anda harus segera memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi di rumah kosong yang Anda tinggalkan.

Dengan menjaga kondisi rumah selain akan memudahkan Anda kelak ketika akan menggunakan kembali rumah tersebut, Anda juga dapat menjaga nilai investasi rumah secara maksimal. Oleh karena itu, jika Anda memiliki properti rumah yang dikosongkan alangkah baiknya untuk senantiasa merawat rumah kosong tersebut. (ADR).

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo