Yuk Atur Pencahayaan Rumahmu Agar Semakin Nyaman!

image

Propertinews.id, Tangerang - Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat hunian terasa lebih nyaman, salah satunya adalah dengan mengatur pencahayaan dalam rumah Anda.

Pencahayaan ruangan yang buruk bisa menyebabkan rumah menjadi lembap yang berujung pada rusaknya perabotan yang tidak memiliki ketahanan terhadap kelembaban hingga jamur-jamur akan muncul pada permukaan dinding. Pencahayaan ruangan yang buruk juga akan menyebabkan sirkulasi udara di dalam rumah menjadi sumpek dan penuh dengan bakteri.

Lalu, bagaimana sih tips mengatur pencahayaan ruangan yang baik? Berikut penjelasannya.

Utamakan Sumber Pencahayaan Ruangan yang Bersifat Natural

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah mulai dari memaksimalkan pencahayaan alami di ruangan tersebut. Pastikan setiap ruangan memiliki bukaan sebagai sumber pencahayaan ruangan yang natural. Gunakanlah jendela-jendela yang besar agar cahaya alami dapat mudah masuk ke dalam rumah Anda. Penggunaan jendela besar juga akan membuat ilusi rumah Anda lebih luas dan lapang.

Lengkapi Pencahayaan Ruangan dengan Sistem Lampu

Setelah memastikan setiap ruangan memiliki bukaan yang cukup, saatnya Anda melengkapinya dengan pencahayaan ruangan dengan lampu. Dalam memilih lampu, pastikan kamu memahami setiap fungsi dari bola lampu yang kamu gunakan, mulai dari lampu utama, lampu dekoratif, hingga lampu sorot.

Gunakan Permainan Warna Dinding

Warna dari cat interior juga akan mempengaruhi suasana pencahayaan ruangan, loh. Jika Anda menginginkan ruangan terang, gunakanlah warna-warna terang seperti putih, abu-abu muda, atau krem dengan lampu berwarna putih untuk buat pencahayaan ruangan yang terang.

Menyiapkan Beberapa Jenis Pencahayaan untuk Setiap Ruangan Utama

Anda bisa menentukan ruangan-ruangan mana yang sekiranya Anda dan keluarga akan menghabiskan banyak waktu di sana. Setelah itu berikan sistem pencahayaan yang memiliki beberapa mode dan bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Gunakan Pencahayaan Alami yang Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

Menggunakan sistem pencahayaan ruangan yang hemat energi akan membantu Anda lebih hemat loh, memilih lampu yang ramah lingkungan bisa memotong tagihan rekening listrik rumah Anda setiap bulannya.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan pada hunian Anda. Selamat mencoba! (AN)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo