Yuk Kenali Perbedaan Antara Pernis dan Plitur pada Finishing Kayu

image

PropertiNews.id, Tangerang – Terdapat jua jenis produk finishing untuk kayu, yaitu pernis dan plitur. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menambah keindahan dari produk akhir olahan kayu. Pemberian pernis atau plitur akan membuat kayu terlihat mengkilap. Inilah tujuan utamanya sehingga nilai produk tersebut akan naik. Semakin tinggi kenaikan nilainya, maka harga produk kayu yang telah diberikan finishing memakai pernis atau plitur pun akan semakin mahal.

Lalu sebenarnya apa perbedaan antara pernis dan plitur? Agar penggunaannya tidak salah tempat dan hasil yang didapatkan pun sesuai dengan yang diinginkan, mari sama-sama kita pahami pengertian dan perbedaan dari pernis dan plitur.

Baca Juga : Rumah Anda Panjang dan Sempit? Atur dengan Cara Ini Agar Hunian Anda tetap Menarik!

Pernis

Pernis adalah cairan pemoles kayu yang dibuat dari campuran drying oil, thinner, dan bahan-bahan lainnya. Cairan pernis ini berwana bening transparan dan beraroma cukup menyengat. Sehingga pemakaiannya bukan bertujuan untuk memberikan warna pada permukaan kayu, tetapi menimbulkan efek glossy atau semi-glossy. Secara tidak langsung, pernis juga akan melindungi struktur kayu dari sinar matahari dan kelembaban udara sehingga membuatnya tahan lama.

Pernis kayu memiliki keunggulan jika dibandingkan dengan plitur karena memiliki fungsi lain untuk mempertahankan keawetan material kayu yang dilapisi. Perabot ataupun furnitur yang menggunakan pernis kayu menjadi lebih tahan lama karena pernis kayu membuat serat-serat kayu menjadi lebih kuat. Alhasil, kayu tidak cepat lapuk atau rusak.

Untuk cara penggunaan pada pernis kayu, Anda bisa langsung menggunakannya tanpa campuran apapun. Cukup oleskan pernis kayu pada bidang atau permukaan yang ingin dilapisi menggunakan kuas atau alat oles lainnya, bidang tersebut akan langsung tertutupi dengan pernis kayu hingga tampak mengkilap.

Baca Juga : Manfaat Teknologi Smart Home untuk Hidup Lebih Mudah

Plitur

Plitur atau dikenal juga dengan nama politur merupakan bahan pewarna cat yang bersifat transparan. Walaupun transparan, plitur memiliki warna-warna tergantung sesuai dengan warna oker yang ditambahkan. Oker sendiri adalah bahan galian berupa tanah lunak yang sudah mengalami oksidasi sehingga memiliki variasi warna mulai dari kuning keemasan sampai coklat kuning muda.

Kayu yang diberi plitur akan memiliki tampilan warna sesuai dengan jenis plitur yang Anda gunakan. Plitur akan sangat berguna apalagi jika kayu yang Anda gunakan sebagai bahan furnitur atau kusen memiliki tampilan warna yang belang-belang. Plitur akan membuat tampilan warna kayu menjadi rata.

Sebelum dapat digunakan, plitur harus diencerkan terlebih dahulu dengan menambahkan pengencer cat secukupnya. Beberapa produk plitur bahkan harus ditambahi sirlak dan bahan kimia lainnya. Teknik mengaplikasikan plitur ke permukaan kayu bisa dilakukan dengan memakai kuas atau bola kain.

Disarankan memplitur kayu dengan lapisan yang tipis namun berulang-ulang untuk memperoleh hasil yang terbaik. Kendati cukup merepotkan, kebanyakan orang berpendapat kalau hasil plitur lebih bagus daripada pernis.

Nah setelah membaca penjelasan di atas, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi kan mengenai perbedaan antara pernis dan plitur? Keduanya memiliki keunggulan masing-masing dalam penggunaannya. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo