Ini Dia Gedung Paling Tipis di Dunia

image

Propertinews.id, Tangerang – Bagi masyarakat urban, gedung-gedung tinggi tak lagi asing mereka temukan. Biasanya, bangunan vertikal tersebut berdiri tinggi menjulang menghiasi langit kota metropolitan. Kesan besar, mewah, dan megah seakan menjadi identitas bagi gedung. Namun, pernahkah Anda berpikir jika gedung yang berdiri kokoh itu terlihat tipis?

Di zaman modern seperti ini, hal tersebut bukan lagi sebuah misteri. Sudah banyak arsitek kreatif yang membuat gedung-gedung tinggi dengan desain yang unik serta menarik. Mau tahu gedung mana saja yang terlihat tipis? Berikut ulasannya kami sajikan kepada Anda.

1. The Flatiron Building, Amerika Serikat

Hasil gambar untuk The Flatiron Building, Amerika Serikat

Bagi orang-orang yang tinggal di Negeri Paman Sam pasti sudah tidak asing dengan gedung yang satu ini. The Flatiron Building atau yang biasa disebut dengan The Fuller Building merupakan bangunan berserjarah di New York, Amerika Serikat.

Didirikan pada tahun 1902, bangunan yang satu ini mempunyai keunikan tersendiri dengan bentuk segitiga lancip. The Fuller memiliki tinggi 86,9 meter dengan 20 lantai dan terletak di tengah-tengah distrik Flatiron, Manhattan, New York.

Berkat keunikan serta ketipisannya, gedung The Flatiron ditetapkan sebagai ikon kota para artis Hollywood sejak tahun 1966. Bahkan, pada tahun 1989 bangunan ini ditetapkan sebagai tempat bersejarah nasional.

2. Skinny Haussmann Building, Perancis

Hasil gambar untuk Skinny Haussmann Building

Selain dikenal sebagai Kota Romantis, Perancis juga dikenal dengan arsitektur bangunannya yang indah. Banyak gedung-gedung berdesain unik di Negeri Napoleon ini. salah satunya yaitu Skinny Haussmann Building.

Seperti namanya, gedung yang satu ini merupakan bangunan tertipis yanga ada di Paris. Bila dibandingkan dengan bangunan lain, Haussmann Bulding nampak bak sebuah tripek didirikan.

3. Keret House, Polandia

Hasil gambar untuk Keret House, Poland

Gedung Keret House merupakan sebuah bangunan instalasi struktur dan seni berlokasi di Warsawa, Polandia. 

Keunikan dari gedung yang dirancang khusus oleh Jakub Szczesny ini terletak pada ketebalannya yang sangat tipis berukuran 92 sentimeter pada titik tertipis dan 152 sentimeter pada titik terlebar. Penamaan bangunan ini diambil dari nama penulis sekaligus pembuat film Israel bernama Etgar Keret.

4. Thin House, Inggris

Hasil gambar untuk Thin House, Inggris

Tak mau kalah dengan negera Eropa lainnya, di Inggris juga terdapat bangunan tips yang tegak beridri. Berlokasi di Thurloe Square 5, tepatnya berada di di antara Stasiun Kensington dan Museum Victoria and Albert Thin House dijuluki sebagai gedung tertipis di Britania.

Thin House didirikan pada tahun 1840 hingga 1846. Sebenarnya, bangunan ini berbentuk segitiga yang melebar kearah Timur. Namun, pada tahun 2016 apartemen bagian atas bangunan ini dijual dengan harga 895 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp 16 miliar. (MDA)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo