Cara Merawat Kolam Renang Pribadi di Rumah

image

PropertiNews.id, Tangerang – Memiliki kolam renang pribadi di rumah merupakan sesuatu yang menyenangkan. Anda bisa berenang kapan saja tanpa harus bergabung dengan orang yang tak dikenal. Namun, memiliki kolam renang pribadi tentu saja memiliki konsekuensi tersendiri, seperti perawatan kolam renang yang harus menjadi rutinitas tambahan yang perlu di perhatikan.

Anda juga harus memiliki pengetahuan bagaimana cara merawatnya agar kolam renang selalu terjaga kebersihannya. Nah, dalam artikel ini anda dapat melihat bagaimana cara merawat kolam renang pribadi anda di rumah.

Perhatikan Kondisi Air

Air kolam renang membutuhkan perawatan teratur agar kadarnya tetap seimbang—sehingga kulit dan mata anda tidak akan iritasi saat berenang. Ada beberapa bahan kimia yang umum digunakan agar air tetap jernih.

Misalnya, klorin yang berfungsi mengikat kotoran agar air kolam tetap bersih. Klorin sebaiknya dimasukkan ke dalam kolam saat sore atau malam karena panasnya sinar matahari bisa menurunkan kadar klorin.

Baca Juga : Ingin Memiliki Kolam Renang Pribadi ? Simak Dulu Beberapa Tips Ini

Bahan kimia lainnya adalah cyanuric acid, yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH dalam air agar klorin berfungsi maksimal menjernihkan air. pH air yang direkomendasikan adalah antara 7,2-7,8. Terakhir Anda butuh Algaecide yang akan mencegah timbulnya lumut di kolam renang.

Meminimalkan Pertumbuhan Lumut

Alga yang berkembangbiak pada kolam renang anda dapat membuat air kolam tampak kehijauan. Salah satu cara paling mudah untuk meminimalkan pertumbuhan alga adalah menanam beberapa pohon di sekitar kolam sehingga permukaan air kolam renang tak terkena sinar matahari secara langsung. Pepohonan yang menghasilkan oksigen di siang hari dapat membantu menekan pertumbuhan alga. Selain itu rerimbunan ini juga dapat membuat area sekitar kolam renang menjadi teduh.

Menggunakan filter air

Agar lebih praktis Anda juga bisa memasang filter atau penyaring untuk meningkatkan kualitas air karena filter dapat membantu memisahkan kotoran dari kolam renang anda. Dengan demikian anda dan keluarga akan lebih nyaman beraktivitas di kolam pribadi tersebut.

Membersihkan kerak-kerak pada dinding kolam

Pada saat proses menguras kolam renang serta mengganti airnya, sikat bagian dasar serta samping kolam untuk menghilangkan kerak-keraknya. Lakukan secara merata agar dasar kolam bersih berkilat. Agar kotoran lebih mudah luntur anda bisa menggunakan karbol pembersih kamar mandi atau lantai. Setelah disikat bilas sampai bersih dan air kolam dapat diisi kembali. Bila rajin disikat kotoran tak akan sempat menebal dan menimbulkan kerak yang menghitam di dasar dan samping kolam.

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Atap Rumah

Pel lantai sekitar kolam

Gunanya untuk mencegah bakteri serta mencegah lumut yang akan membuat lantai menjadi licin. Lantai sekitar kolam yang licin berisiko menyebabkan kecelakaan bagi yang melintasinya. Anda bisa menggunakan produk pembersih yang bisa menghilangkan kerak.

Bersihkan air dari daun

Segera bersihkan air kolam dari daun dan serangga jika anda melihatnya. Gunakan jaring halus untuk mengangkat kotoran, karena adanya daun kering dan kotoran lainnya memicu pertumbuhan bakteri di dalam air.

Itulah beberapa cara membersihkan kolam renang pribadi di rumah yang bisa anda contoh. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo