5 Tips Membuat Pintu Rumah Anti Maling

image

PropertiNews.id, Tangerang – Perampokan selalu menjadi suatu kekhawitaran bagi pemilik rumah. Hampir sekitar 70% kasus pencurian pelaku masuk melalui pintu. Oleh karena itu, membuat pintu anti maling adalah hal yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan rumah dan keluarga Anda. Selain itu, mungkin Anda juga sudah memasang alarm anti maling di pintu atau bahkan mempunyai anjing penjaga untuk berpatroli di rumah Anda.  Jika Anda perlu beberapa tips lagi untuk menjaga keamanan pintu kamu agar tidak masuk maling, kami berikan tips nya untuk Anda.

Pilihlah Pintu yang Terbuat dari Bahan yang Kuat

Dalam membuat pintu anti maling, intinya adalah semua pintu harus terbuat dari bahan yang kuat dan tidak mudah hancur bila coba didobrak dengan tenaga normal. Itu berarti jika Anda ingin pintu kayu yang kuat, setidaknya pilih pintu dengan kayu berinti padat seperti jati. Pilihan lain adalah menggunakan fiberglass atau logam. Jika Anda memilih sebuah pintu besi, pastikan bahwa ia memiliki penguatan interior dan blok kunci. Pintu baja yang diperkuat adalah pilihan terbaik Anda, tetapi mereka juga membutuhkan perawatan ekstra untuk mencegah munculnya karat.

Pasang Deadlock

Menambah kunci tambahan akan memberikan keamanan ekstra ketika Anda berada di rumah. Deadlock, terkadang disebut juga sebagai ‘deadbolt khusus untuk keluar’ adalah deadbolt yang tidak mempunyai kuncinya. Ini mungkin dapat terlihat dengan jelas pada pintu jika dilihat dari luar, namun kunci ini tidak dapat dirusak tanpa menghancurkan pintu, kusen pintu, atau kunci itu sendiri. Walaupun pengaman jenis ini tidak akan membantumu secara langsung ketika Anda tidak di rumah, kunci ini sangat mudah terlihat dan pencuri pun akan memikir dua kali untuk mencoba mendobraknya.

Baca Juga : Percantik Dinding Rumah Anda dengan Desain 3 Dimensi

Jauhkan Pintu dari Jendela

Jendela yang ada di dekat pintu bisa memungkinkan cahaya untuk masuk pada area yang ada di sekitar puntu. Akan tetapi yang demekian ini sangat beresiko sekali terhadap keamanan rumah hinggal Anda. Bila jendela ada di dalam jangkauan lengan Anda untuk dapat meraih kunci pintunya, maka akan lebih mudah untuk memecahkan jendela serta membuka pintu rumah tinggal Anda dari dalam.

Apabila Anda memang memasangkan pintu yang baru, maka pilih yang tanpa jendela atau pun jauh dari jendela. Bila Anda memang sudah mempunyai pintu yang berjendela ataupun menyukai pintu yang mempunyai jendela, maka Anda harus bisa mengambil beberapa langkah keamanan tambahan, misalnya dengan membuat jendela anti maling.

Ganti Strike Plate yang Sudah Rapuh

Strike plate adalah plate besi yang mengelingi kunci pintu (lubang pada pintu tempat kunci berada). Semua pintu bagian luar harus mempunyai pengaman besi strike plate yang kuat yang dipasang dengan 4 baut sepanjang 7,6 cm. Banyak rumah dibangun dengan strike plate berkualitas rendah atau strike plate yang terpasang dengan baut pendek.

Baca Juga : 5 Trik Cerdas Membuat Kamar Kost yang Panas Menjadi Sejuk Tanpa AC

Pintu Geser

Pencuri sering berpikir pintu kaca geser sebagai undangan untuk masuk karena mudah di dobrak. Tapi ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk mengamankan jenis pintu ini. Pertama, pastikan pintu Anda terbuat dari kaca atau plastik yang diperkuat seperti polycarbonate. Tempatkan kayu atau logam penahan pada trek untuk mencegah pintu dibuka dengan paksa. Pastikan perusahaan alarm telah diinstal sesnsor gerak atau sensor getaran. Dan pertimbangkan untuk menginstal tirai di bagian dalam, sehingga tidak memberikan pencuri tampilan penuh ke sisi rumah Anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo