Hal yang Dapat Anda Lakukan Agar Rumah Aman dari Pencuri

image

PropertiNews.id, Tangerang – Sebagai tempat tinggal, rumah tentu menjadi tempat di mana Anda seharusnya merasa aman dan nyaman. Keamanan merupakan hal yang penting karena Anda tidak ingin hal-hal buruk seperti pencurian hingga perampokan terjadi.

Meski lingkungan rumah berada di lingkungan yang aman, namun resiko pencurian atau perampokan masih tetap ada. Anda harus menjaga keamanan rumah baik saat ditinggali ataupun dalam keadaan kosong.

Rumah ideal harus memiliki sistem keamanan rumah yang baik. Penggunaan kamera pengawas dapat dimanfaatkan, namun, pengawasan juga harus diiringi dengan sebuah sistem yang dapat mencegah terjadinya pencurian.

Baca Juga: Cintai Bumi dengan Membangun Rumah Ramah Lingkungan

Dengan sistem yang baik, pencurian akan sulit dilakukan karena sistem keamanan rumah sulit untuk ditembus. Berikut beberapa hal yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan sistem keamanan rumah Anda.

1.       Teknologi Pemantau

Anda dapat memanfaatkan teknologi yang tersedia untuk memastikan keamanan rumah terjaga dengan baik. Tidak hanya dari segi visual, Anda dapat memanfaatkan teknologi lain yang dapat melengkapi sistem keamanan rumah Anda.

Pasang kamera pemantau di setiap sudut yang menyorot keseluruhan ruangan. Selain itu, tambahkan alarm dan kunci otomatis pada setiap jalur akses seperti pintu. Dengan perkembangan teknologi, Anda dapat menggunakan teknologi pemantau tercanggih yang dapat dikontrol melalui telpon pintar Anda.

Dengan menghubungkan perangkat pemantau dengan gawai Anda, pengawasan dapat dilakukan meski Anda sedang tidak berada di rumah.

2.       Sistem Kunci Ganda

Pintu tentu merupakan salah satu akses yang paling sering dibobol oleh pencuri untuk masuk ke rumah. Oleh karena itu, pintu memegang peranan penting dalam menentukan tingkat keamanan rumah.

Dalam melakukan pencurian, waktu merupakan hal yang penting. Para pencuri akan secara cepat membuka kunci atau gembok pintu. Maksimalkan pengamanan di rumah Anda dengan menggunakan sistem kunci ganda sebagai tindakan pencegahan yang efektif.

Selain pintu, jendela juga merupakan jalur akses yang dapat digunakan pencuri. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat memasang teralis pada bagian dalam sebagai sistem kunci ganda. Sedikit saran, jangan tinggalkan kunci dengan meninggalkannya di rak sepatu dan bawalah selalu kunci saat Anda bepergian.

3.       Sistem Penerangan Optimal

Penerangan juga merupakan salah satu elemen penting yang dapat meningkatkan keamanan rumah. Rumah yang gelap dan tidak memiliki sistem penerangan yang baik akan membuat tindak pencurian lebih mudah terjadi.

Untuk lebih efektif, pasang pencahayaan pada titik-titik dan sudut yang gelap serta jalur yang mungkin dapat dilewati oleh pencuri. Anda dapat menggunakan lampu dengan sensor yang akan aktif saat mendeteksi gerakan atau keberadaan orang.

Lampu sensor dapat mengecoh pencuri yang berusaha masuk karena mengira bahwa orang yang berada di dalam rumah masih terjaga.

Baca Juga: Cermati Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Rumah

4.       Simpan Barang Berharga Anda

Tata letak barang-barang yang disimpan juga mempengaruhi resiko terjadinya pencurian. Jika Anda menyimpan barang-barang berharga seperti uang, perhiasan, atau gawai di dekat area akses yang mudah dilihat, Anda perlu mempertimbangkan hal ini kembali.

Untuk barang-barang seperti ini, Anda perlu menyimpan dengan lebih baik, seperti berangkas penyimpanan untuk uang dan perhiasan. Untuk dekorasi yang terlihat mewah seperti guci atau lukisan, Anda dapat menambahkan tirai yang tebal sehingga interior ruangan tidak terlihat dari luar.

Barang-barang berharga yang mudah terlihat dapat mengundang pencuri untuk mengincar rumah Anda, terlebih jika barang-barang tersebut ditempatkan di area yang mudah dilihat dari luar rumah. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo