Atasi Pipa Mampet Dengan Trik Berikut Ini

image

PropertiNews.id, Tangerang – Air merupakan elemen paling penting dalam keberlangsungan hidup kita. Tanpa saluran air yang baik, maka kehidupan sehari-hari dapat terganggu. Terlebih, jika saluran air yang mampet dapat membuat jengkel.

Permasalah saluran air dapat meliputi air kamar mandi yang menggenang akibat saluran pembungan di wastafel tersumbat, hingga drainase yang ada di lantai kamar mandi. Jika dibiarkan, penyumbatan yang terjadi dapat mengakibatkan saluran pembuangan air tersumbat sepenuhnya dan saluran lain bocor.

Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

1.       Air Panas dan Garam

Air panas dan garam dapat menjadi hal yang Anda harus lakukan pertama kali. Pertama-tama, siapkan setengah gelas garam, tuangkan ke dalam saluran pipa yang tersumbat, tuangkan dua liter air panas ke dalam pipa dan bilas pipa dengan air biasa.

Anda mungkin perlu mengulan proses di atas beberapa kali tergantung dari seberapa parah penyumbatan yang terjadi di dalam saluran air Anda.

2.       Air Panas dan Sabun Cuci Piring

Jika Anda sering membuang sisa minyak dari penggorengan, maka terdapat kemungkinan penyumbatan yang diakibatkan oleh lemak dan minyak yang menempel. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan sabun cuci piring.

Baca Juga: Langkah Mudah Membuat Kamar Mandi Tetap Kering dan Bersih

Tuangkan sabun cuci piring pada saluran yang tersumbat dan bilas dengan air mendidih. Untuk menjaga kelancaran saluran, Anda juga dapat melakukan hal ini sekali satu minggu.

3.       Cuka dan Baking Soda

Sifat basa murni dari baking soda dan keasaman cuka merupakan hal yang dapat mengatasi pipa air yang tersumbat. Reaksi kimia dari kedua bahan ini dapat menjadi penolong ketika terjadi penyumbatan.

Pertama-tama, tuangkan secangkir baking soda ke dalam saluran pembuangan yang tersumbat, bilas dengan dua cangkir air mendidih dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, tambahkan secangkir baking soda dan tambahkan secangkir cuka. Bilas dengan dua cangkir air mendidih.

4.       Lemon

Jus lemon juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyumbatan. Kombinasikan jus lemon dengan baking soda untuk hasil yang maksimal. Untuk cara pemakaian, tuangkan campuran baking soda dan jus lemon ke dalam saluran pipa dan diamkan selama 30 menit. Taburkan baking soda dan tinggalkan selama satu malam dan bilas dengan air panas.

5.       Pembersih Berbahan Kimia

Jika Anda tidak memiliki bahan-bahan yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menggunakan produk pembersih saluran pipa air yang dapat Anda beli di toko terdekat. Produk yang dirancang khusus untuk membersihkan saluran air dapat melonggarkan pipa yang tersumbat. Selain itu, timbunan lemak dan kotoran yang menempel juga akan menghilang.

Baca Juga: 7 Cara Menata Kamar Tidur Kecil Agar Tidak Sempit

Produk pembersih seringkali terdiri dari bahan yang dapat membunuh kuman yang menyebabkan bau tak sedap. Jika penyumbatan masih terjadi pada percobaan pertama, maka Anda dapat mengulang proses ini. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo