Prinsip Zen Living Untuk Hidup yang Lebih Harmonis

image

PropertiNews.id, Tangerang - Semangat Zen memegang sebuah kebijaksanaan intuitif yang di dalamnya terdapat sifat-sifat harmonis dan interkonesi. Filosofi ini dapat diterapkan dalam gaya hidup modern dengan segala hiruk-pikuknya.

Sebagai filosofi, Zen dapat digunakan untuk menjadikan kehidupan di dunia lebih damai dan harmonis. Zen berangkat dari sekte agama Buddha yang fokus pada praktik meditasi.

Zen Living tidak cukup dipahami sebagai filosofi atau aliran spiritual, namun perlu penerapan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengacu pada prinsip Zen Living, Anda dapat menghadirkan kebahagiaan dan ketenangan dalam jiwa.

Dalam prakteknya, Zen Living dapat diaplikasikan pada penataan rumah sehingga dapat tercipta suasana harmonis. Dapat bersantai di rumah tentu menjadi pelepas lelah saat Anda selesai menjalani kesibukan dan aktivitas yang padat.

Untuk menjadikan suasana rumah Anda harmonis di rumah, terdapat beberapa hal dari Zen Living yang dapat diaplikasikan dari segi penataan ataupun cara bersikap. Berikut beberapa cara yang dapat Anda terapkan untuk mendapatkan ketenangan dan suasana tentram di rumah Anda.

1.       Taman

Menurut praktisi Zen Living, alam memiliki peran besar dalam membawa keseimbangan hidup. Manusia harus menjaga hubungannya dengan alam, serta menciptakan hubungan yang dapat saling merawat satu sama lain.

Anda dapat membangun taman di lahan terbuka yang tersedia di rumah. Jika Anda tidak memiliki lahan yang dapat dimanfaatkan untuk hal ini, Anda dapat memanfaatkan balkon, dinding, atau atap untuk dimanfaatkan sebagai kebun atau taman.

2.       Ruang Kosong

Salah satu hal yang ditekankan dalam Zen adalah meditasi. Dalam penerapannya, Anda diharuskan menyempatkan diri Anda untuk menjernihkan pikiran melalui meditasi dengan tidak memikirkan apapun. Untuk membantu Anda melakukan hal ini, menyediakan ruang kosong di rumah menjadi hal yang penting.

Mengosongkan isi kepala merupakan hal yang sulit dilakukan, terlebih dengan segala kesibukan dan pikiran mengenai pekerjaan yang belum selesai. Oleh karena itu, ruang kosong berperan sebagai tempat yang memiliki efel lapang pada ruangan dan menjauhkan Anda dari distraksi yang dapat merusak ketenangan.

3.       Tunjukkan Kontras di Interior

Salah satu prinsip dari Zen Living adalah datsuzoku, yaitu memberikan penawar untuk melepas kepenatan yang muncul dari kegiatan rutin. Datsuzoku menghargai hal-hal yang tidak terduga yang terjadi di luar rutinitas sehari-hari.

Dalam prakteknya, Anda dapat mencoba hal berbeda dalam menata interior rumah Anda. Hal ini tentu masih berada dalam prinsip keseimbangan dari Zen Living. Hal yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan warna mencolok di ruang keluarga Anda. Gunakan warna mencolok sebagai aksen dan bukan warna utama.

4.       Kesederhanaan

Prinsip lain dari Zen Living adalah shibumi. Shibumi mengacu pada penataan ruang di rumah Anda. Meski tidak memiliki definisi yang pasti, shibumi digunakan dalam bidang arsitektur untuk mendefinisikan hal yang memiliki sifat berlawanan.

Contoh definisi dari shibumi adalah “keindahan yang tak sempurna” dan “kemewahan yang tak sempurna”. Prinsip shibumi adalah menyoroti keindahan yang terdapat dari kesederhanaan suatu hal.

Dalam prakteknya, Anda dapat merelakan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan. Buang atau hindari baang-barang tersebut. Hal ini untuk menonjolkan kesederhanaan dalam ruangan Anda. Shibumi merupakan prinsip yang mengabaikan kuantitas, namun lebih menekankan pada penggunaan barang berkualitas dan memiliki kegunaan yang tinggi. (RT)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo