Mau Karpet Anda Tetap Bersih dan Awet? Ikuti 4 Tips Cermat Berikut Ini!

image

Propertinews.id, Tangerang – Menggunakan karpet sebagai alas lantai sekaligus mempercantik ruangan menjadi solusi banyak orang. Selain mempercantik ruangan, karpet juga mampu membuat penghuninya merasa nyaman karena teksturnya yang empuk dan tidak keras seperti lantai.

Sebagai alas lantai, karpet perlu dijaga kebersihan dan keawetannya karena sering diinjak dan dijadikan tempat duduk, serta digunakan setiap hari untuk beraktivitas dan bersantai. Meskipun karpet memiliki jenis dan bahan yang beragam, namun cara merawatnya tidak berbeda jauh. Ini dia tips cermat yang bisa Anda lakukan untuk merawat karpet rumah Anda:

Atur penempatan karpet

Karpet merupakan properti yang mudah terpapar debu dan kuman, apalagi karpet sering menjadi tempat untuk duduk dan tiduran untuk bersantai sejenak setelah lelah beraktivitas. Maka dari itu, And perlu mengatur penempatan karpet dan disarankan untuk menghindari peletakkan karpet dekat dengan rak sepatu karena debu dan kuman akan cepat berpindah ke karpet.

Penempatan karpet yang disarankan dan aman dari timbulnya kuman yang banyak yaitu di kamar tidur dan ruang kerja Anda.

Jangan injak dengan alas kaki

Sebagai alas lantai, karpet tidak jarang digunakan dengan diinjak-injak. Namun alangkah lebih baik jika Anda melepas alas kaki terlebih dahulu, karena alas kaki seperti sandal dan sepatu memiliki banyak kotoran di bagian bawahnya yang mengandung kuman dan dapat merusak kualitas dan kebersihan karpet itu sendiri. Disarankan untuk membersihkan kaki Anda terlebih dahulu sebelum menginjak karpet.

Segera bersihkan noda

Jangan biarkan noda terlalu lama hinggap pada karpet Anda! Hal ini karena noda pada karpet akan mengering dan membekas, sehingga sulit untuk dibersihkan. Maka dari itu sebaiknya jika ada noda pada karpet segera Anda bersihkan dengan mesin uap khusus untuk menghilangkan noda dengan mengarahkan uap panas ke noda tesebut lalu bersihkan dengan perlahan, usahakan untuk tidak menggosok noda karena akan membuatnya semakin menyebar dan merusak kualitas karpet.

Rutin dibersihkan

Untuk menjaga kebersihan karpet, Anda perlu membersihkan karpet secara rutin, baik dengan dicuci manual maupun dengan vacuum cleaner. Jika Anda ingin membersihkan karpet dengan bahan alami, Anda bisa menggunakan campuran jus lemon, garam, air, dan cuka untuk membantu mengangkat noda.

Sementara dengan vacuum cleaner, Anda bisa membersihkan karpet setiap pagi dan malam hari sebagai perawatan harian. Karpet yang bersih membuat Anda dan keluarga terhindar dari debu dan kuman yang merupakan ancaman penyakit.

Baca juga: Karpet Anda Bau? Ini Cara Menjaga Karpet Anda Tetap Segar!

Itulah 4 tips merawat karpet rumah agar lebih bersih dan tahan lama. Kunci dari perawatan karpet ini adalah dengan membersihkannya secara rutin, sehingga kotoran dan kuman yang menempel tidak menumpuk semakin banyak dan justru menimbulkan penyakit bagi Anda dan keluarga. (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo