Musim Hujan Mulai Tiba, Ini Tips Menghadapi Banjir Jakarta

image

Propertinews.id, TangerangIbu Kota Jakarta selalu menjadi langganan banjir apabila musim hujan tiba. Bencana tahunan ini memang masih menjadi pekerjaan rumah yang sangat berat bagi pemimpin dan masyarakat di Ibu Kota. Namun, bukan berarti kita harus berpasrah begitu saja dalam menghadapi banjir Ibu Kota. Sebelum banjir tiba Anda harus mempersiapkan segala hal agar dapat meminimalkan kerusakan akibat bencana banjir tersebut.

Banjir yang terjadi di Ibu Kota memang merupakan penyakit yang sudah menahun. Bahkan banjir Jakarta ini pernah dilaporkan pada tahun 1600-an yang lalu ketika VOC masih bertengger di Nusantara. Banjir besar yang tercatat di Jakarta pertama kali adalah tahun 1918 pada saat pemerintahan Gubernur Jenderal VOC Johan van Limburg Stirum.

baca juga: Perhatikan Bagian Rumah ini Saat Musim Hujan Tiba

Sejarah panjang banjir Jakarta ini akhirnya sampai pada kita. Tahun ini memang merupakan tahun yang sangat berat, apalagi disertai dengan wabah pandemi COVID-19 yang belum juga berakhir. Sementara musim hujan akan segera tiba, artinya masyarakat Jakarta harus sudah bersiap menghadapi tamu tahunan ini.

Propertinews.id merangkum beberapa tips yang bisa membantu Anda untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh banjir tahunan di Jakarta. Apa saja tipsnya? Simak bersama di sini.

Amankan Surat dan Barang Berharga di Tempat Tinggi

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah barang dan surat berharga. Oleh karena itu, sebelum terjadinya banjir Anda harus membungkus surat-surat dan barang berharga dengan bungkusan plastik yang tahan air. Kemudian, bungkusan tersebut harus disimpan di tempat tinggi seperti di atas lemari, lantai dua, atau penyimpanan khusus yang tidak dapat dijangkau oleh air.

Surat-surat berharga seperti ijazah, sertifikat tanah, akta, dan lain sebagainya adalah barang yang rentan rusak jika terkena air, oleh karena itu, usahakan untuk menghindarkan barang-barang tersebut dari jangkauan air. Membungkus surat berharga dengan plastik akan memberikan perlindungan tambahan jika sewaktu-waktu surat tersebut terbasahi oleh atap rumah yang bocor atau banjir yang datang.

Periksa Atap Rumah

Hal lain yang harus Anda perhatikan ketika menghadapi musim hujan adalah atap. Atap yang bocor akan mengganggu kenyamanan penghuni sekaligus dapat membuat suasana menjadi becek dan tidak sehat. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, kesehatan merupakan prioritas utama keluarga. Oleh karena itu, pastikan atap rumah Anda tidak bocor dengan memeriksanya secara teliti.

Dengan atap yang prima, maka peralatan elektronik dan dokumen penting dapat terlindungi dengan lebih baik. Apalagi jika terjadi hujan deras dengan waktu yang lama maka atap adalah pelindung utama keluarga dari terpaan hujan deras tersebut.

Siapkan Peralatan Kesehatan

Banjir di saat pandemi masih berlangsung memang menjadi sesuatu yang baru bagi masyarakat Jakarta. Oleh karena itu, untuk mencegah hal-hal yang tidak terduga, Anda harus menyiapkan peralatan P3K. Siapkan beberapa obat pertolongan pertama seperti perban, antiseptic, obat demam, obat flu, dan lain sebagainya. Simpanlah peralatan kesehatan tersebut di tempat yang mudah dijangkau ketika kondisi darurat. Hal ini akan sangat membantu dalam mempercepat reaksi Anda ketika menghadapi kondisi daururat.

Selain itu, Anda juga harus menyimpan kontak orang yang bisa segera dihubungi ketika kondisi darurat datang. Misalkan seperti ojek pangkalan langganan atau nomor Ketua RT setempat untuk dimintai pertolongan jika ada anggota keluarga yang sakit saat banjir.

Peralatan Menghadapi Banjir

Selain mempersiapkan peralatan kesehatan, Anda juga harus mempersiapkan peralatan menghadapi hujan di rumah. Peralatan wajib seperti senter, jas hujan, obeng multifungsi, sepatu bot, kunci cadangan, dan lain sebagainya harus benar-benar dipersiapkan. Karena ketika banjir tiba, Anda tidak memiliki waktu yang banyak hanya untuk mencari obeng bukan? Oleh karena itu usahakanlah perlatan tersebut telah siap sedia di rumah Anda.

Dengan adanya perlatan tersebut, maka Anda akan lebih siap dalam menghadapi banjir. Misalnya ketika ada pohon tumbang saat hujan deras maka Anda dengan sigap dapat membereskan pohon tumbang tersebut bersama warga lainnya sebelum pohon tersebut menimbulkan masalah yang lebih besar seperti memblokade jalan. Padahal akses transportasi merupakan aspek vital dalam menghadapi bencana banjir.

Siapkan Logistik

Hal lainnya adalah mempersiapkan logistik penting seperti makanan dan air bersih. Jika banjir tiba, kemungkinan terbesar adalah Anda bersama keluarga akan terjebak dalam waktu yang lama. Ketersediaan air bersih menjadi hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup Anda dan keluarga tercinta. Apalagi jika banjir semakin parah, maka Anda dan keluarga tidak memiliki pilihan lain selain menunggu pihak lain menyelamatkan hidup Anda dan keluarga. Oleh karena itu, siapkan makanan dan air bersih agar Anda dapat bertahan lebih baik dalam menghadapi banjir besar.

Catat Nomor Penting

Dalam kondisi yang darurat, maka Anda tentu harus meminta pertolongan pihak lain. Oleh karena itu, catatlah nomor-nomor penting yang bisa Anda mintai bantuan dalam kondisi darurat. Nomor seperti Badan Penanggulanan Bencana Daerah (BPBD) merupakan nomor yang wajib Anda catat. Selain mencatat pihak-pihak terkait penanganan banjir, Anda juga harus mencatat nomor tetangga dan tokoh masyarakat sekitar untuk saling berbagai informasi penting seputar penanganan banjir. (ADR)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo