Rekomendasi Warna Cat yang Cocok untuk Kamar Anak Menurut Psikolog

image

Propertinews.id, Tangerang – Terkadang tanpa kita sadari, warna-warna yang kita lihat dapat mempengaruhi suasana hati kita. Untuk itu, dalam memilih cat dinding kita tidak boleh sembarangan, apalagi cat untuk kamar anak.

Memilih warna cat untuk kamar anak memang cukup sulit, terlebih seiring dengan berkembangnya konsep desain interior. Pemilihan warna ruangan menjadi sorotan utama karena warna memiliki dampak yang cukup besar terhadap ruangan.

Untuk referensi, Anda bisa menggunakan rekomendasi warna kamar anak yang disarankan oleh pakar psikologi berikut ini:

Biru

Jika Anda menginginkan kamar dengan nuansa terang, warna ini dapat dijadikan sebagai solusi. Menurut pakar psikologi, salah satu warna yang dapat menghasilkan energi tenang dan membuat Anda lebih fokus yaitu warna biru.

Warna biru telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah dan menjernihkan pikiran. Jika Anda ingin nuansa kamar yang lebih santai, gunakanlah warna biru muda. Namun, jika ingin membantu anak untuk fokus, Anda bisa menggunakan warna biru tua.

Yang perlu diperhatikan dari cat tembok kamar warna biru adalah Anda harus menghindari warna biru muda dengan warna mencolok lainnya, hal ini akan mengganggu penglihatan anak Anda, apalagi jika menggunakan lampu dengan watt yang tinggi.

Merah

Warna merah dikenal sebagai warna yang menggambarkan keberanian, energi, dan kepercayaan diri. begitupun di dunia psikologi. Namun, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Andrew Elliot, psikologi dari University of Winconsn, warna merah memiliki efek yang dapat mengganggu konsentrasi atau pikiran bawah sadar manusia. Itulah mengapa, warna kamar tidur menggunakan warna merah sebagai warna utama sangat tidak disarankan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, jika Anda terlanjur menggunakan warna merah, Anda bisa mengakalinya dengan mengkombinasikan warna merah dengan warna yang netral, seperti putih, krem, maupun coklat.

Kuning

Warna selanjutnya yang cocok menjadi warna kamar anak yaitu warna kuning. Warna yang dilambangkan sebagai warna ceria ini dapat menghasilkan hormon rasa nyaman dan bahagia yang kerap kali disebut sebagai serotonin.

Namun dibalik itu, warna kuning juga dapat menimbulkan aura negatif yang memicu kegelisahan pada Anak, sehingga warna kuning tidak bisa dijadikan warna utama dalam kamar. Anda bisa menggunakan campuran warna netral lainnya untuk menyeimbangkan warna ruangan.

Hijau

Warna hijau diketahui dapat menenangkan pikiran, meningkatkan fokus, dan membantu otot untuk lebih rileks. Warna ini sangat identik dengan kesadaran lingkungan, kesehatan, dan juga perdamaian dunia. Warna hijau juga lebih dikenal sebagai warna yang memberikan kesan menyegarkan dan melambangkan harmoni.

Penggunaan warna hijau sangat cocok untuk anak, karena dapat meningkatkan kemampuan membaca. Sebagai tips, penggunaan warna hijau sebagai cat kamar anak merupakan salah satu cara untuk membawa nuansa menyegarkan dan memberikan kesan modern yang ceria.

Hitam dan putih

Warna perpaduan hitam dan putih sudah mutlak menjadi warna perpaduan yang cantik. Perpaduan warna ini dapat melambangkan kemewahan dan modernsisasi. Menggunakan warna dominan hitam dapat membuat ruangan terasa lebih sempit. Untuk itu diperlukan warna putih dalam menetralkannya.

Namun jika Anda tetap ingin warna hitam sebagai warna yang dominan, Anda bisa mengakalkannya dengan menambahkan berbagai perabotan dan furniture lain yang berwarna cerah untuk mengimbangi suasana gelap

Baca juga: Yuk Kenali Pengaruh Warna Cat Rumah Terhadap Psikologis

Dari 5 rekomendasi warna tersebut, warna apa yang kira-kira Anda gunakan untuk kamar anak Anda? Sebelum membeli cat, ada baiknya Anda rundingkan warna kamar dengan anak juga, ya! (DRZ)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo