Anda Milenial dan Ingin Beli Apartemen? Simak Tipsnya!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Bagi anda milenial terlebih yang masih pemula, membeli sebuah apartemen haruslah memperhatikan beberapa hal. Simak tips membeli apartemen untuk pemula berikut ini agar didapat yang sesuai dengan kriteria.

Lokasi yang Strategis

Ini merupakan hal yang paling penting untuk anda perhatikan. Pilihlah lokasi yang paling strategis. Sebisa mungkin apartemen yang ingin dibeli berlokasi sangat dekat dengan tempat anda bekerja, belajar, atau beraktivitas, atau strategis dari segi akses transportasi, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan sebagainya. 

Generasi milenial biasanya suka menghabiskan waktu untuk mengobrol di tempat-tempat yang cozy bersama teman-teman. Tentu memiliki apartemen di lokasi strategis akan membuat anda tidak perlu khawatir jika pulang terlalu malam bila harus berhadapan dengan kemacetan. 

Perhatikan Harga Beli 

Tips membeli apartemen untuk milenial selanjutnya adalah harga beli. Harga beli dari beberapa unit apartemen tentu saja sangat bervariatif dan berbeda antara satu dengan yang lainnya. Perbedaan harga beli tersebut tergantung pada lokasi, view unit, letak lantai serta fasilitas yang dimiliki. Umumnya, seorang pengembang akan menjual sebuah apartemen dengan ukuran semi gross area yang mana memiliki selisih antara 8% hingga 15% lebih besar dari ukuran aslinya.

Pilihlah Pengembang Dengan Reputasi Terjamin 

Bisnis properti saat ini memang sangat menggiurkan, sehingga mendatangkan banyak pelaku bisnis baru. Tentunya membuat calon pembeli semakin sulit menentukan mana yang terpercaya. Apalagi seringkali dalam membeli apartemen, tidak akan dijumpai fisiknya secara langsung. 

Jangan mudah terbuai dengan iming-iming harga yang murah. Banyak pengembang yang tak berhasil merampungkan proyeknya. Cobalah untuk menggali informasi mengenai kinerja dan track record pengembang tersebut melalui pemberitaan di media dan tanggapan pembeli terdahulu. Apakah pengembang pernah terlibat skandal dan bagaimana cara mereka menyelesaikannya. 

Fasilitas yang Ditawarkan 

Tentu saja, fasilitas yang ditawarkan apartemen menjadi sebuah perhatian yang sangat khusus. Fasilitas ini bisa anda bedakan, yakni fasilitas di dalam kamar dan fasilitas apartemen. 

Umumnya kamar apartemen sudah dilengkapi dengan pendingin udara (AC). Jadi anda tak perlu khawatir akan merasa kegerahan. Selain itu biasanya juga terdapat fasilitas tambahan lainnya misalnya kulkas. 

Dari segi fasilitas apartemen, tentu disediakan gym dan minimarket. Ada juga apartemen yang dilengkapi dengan kolam renang. 

Pilih Pembayaran Sesuai Kemampuan

Soal pembayaran yang akan anda lakukan juga tidak boleh disepelekan begitu saja. Anda juga harus menyesuaikannya dengan kemampuan atau finansial anda. Membayar apartemen dengan cara cash atau tunai ternyata bisa membantu anda untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Dimana, Anda bisa mendapatkan diskon antara 15% hingga 20%.  

Apabila pembayaran apartemen secara tunai dirasa memberatkan, anda bisa mencoba mengambil program cicilan apartemen yang disediakan oleh bank, seperti Kredit Pemilikan Apartemen (KPA), atau sistem pendanaan peer to peer lending. 

Beberapa faktor yang perlu diperhatikan adalah besaran uang muka atau down payment (DP) yang perlu dikeluarkan. Semakin besar maka akan lebih meringankan cicilan pada kemudian hari. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo