Ingin Investasi Apartemen? Berikut Hal-hal yang Perlu Diperhatikan!

image

Propertinews.id, Tangerang – Bisnis properti merupakan jenis bisnis yang akan memberikan keuntungan jangka panjang. Keuntungan yang menjanjikan membuat bisnis ini banyak digandrungi oleh masyarakat. Terdapat banyak jenis investasi properti seperti rumah, lahan, villa, kosan, bahkan hingga apartemen.

Investasi apartemen kini mulai banyak dilakukan karena permintaan unit yang semakin tinggi, terutama pada kota-kota besar. Hal tersebut membuat beberapa orang berminat untuk melakukan investasi apartemen. Meskipun bisnis investasi apartemen terlihat menjanjikan, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan investasi apartemen. Jika Anda tertarik untuk berinvestasi apartemen, berikut tips yang dapat membantu peluang kesuksesan investasi Anda.

 

  1. Pilih Apartemen dengan Pengembang yang Terpercaya

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan sebelum investasi apartemen adalah mengecek reputasi pengembang dari apartemen yang akan dibeli. Hal tersebut penting untuk dilakukan demi mendapatkan legalitas, kredibilitas, serta komitmen yang jelas dari apartemen yang akan dibeli. Anda tidak perlu ragu dengan apartemen yang memiliki reputasi pengembang yang baik. Selain itu, dengan mengetahui reputasi pengembang, Anda juga akan menghindari Anda dari adanya risiko penipuan properti.

 

  1. Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam membeli apartemen, lokasi menjadi hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pastikan bahwa apartemen yang akan Anda beli terletak di lokasi yang strategis dan memiliki akses yang mudah. Meskipun mayoritas apartemen dibangun di lokasi yang strategis, namun Anda perlu memastikan apartemen tersebut dekat dengan berbagai sarana umum seperti sekolah, area bisnis, rumah sakit, serta memiliki akses yang mudah menuju transportasi umum. Lokasi dari apartemen akan menentukan nilai sewa/jual serta prospek investasi di masa mendatang.

 

  1. Memperhatikan Fasilitas Apartemen yang Ditawarkan

Fasilitas dari sebuah apartemen juga perlu diperhatikan sebelum membeli apartemen untuk diinvestasikan. Jenis fasilitas yang ditawarkan akan berkaitan dengan kebutuhan penyewa. Selain itu, semakin lengkap fasilitas yang ditawarkan dari sebuah apartemen, maka nilai sewanya pun akan semakin tinggi. Anda dapat memilih fasilitas apartemen sesuai dengan tujuan investasi Anda. Tapi, Anda juga perlu memastikan apartemen memiliki sistem keamanan yang baik.

 

  1. Menetapkan Target Pasar

Dalam investasi apartemen, Anda harus menetapkan target pasar dari bisnis investasi Anda. hal tersebut akan berpengaruh pada harga sewa apartemen yang akan ditentukan. Sebagai contoh, harga sewa apartemen dekat area kampus atau sekolah tentu akan berbeda dengan harga sewa apartemen dekat area perkantoran. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah menetapkan target pasar sebelum membeli unit apartemen yang akan dijadikan bisnis investasi.

 

Beberapa hal di atas harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli apartemen. Selain itu, Anda juga harus jeli dalam melihat potensi pasar dari apartemen di masa pendatang. Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian seperti sulit dipasarkan, sulit mendapatkan penyewa, ataupun sulit untuk dijual kembali. Anda juga perlu mencermati biaya perbaikan maupun perawatan dari apartemen sebelum membelinya.

Meskipun investasi properti dianggap menguntungkan baik di masa sekarang maupun di masa depan, namun investasi properti juga memiliki sejumlah risiko yang harus diperhitungkan sejak awal. Dengan alasan tersebut, Anda harus melakukan investasi properti secara cerdas dan juga teliti agar terhindar dari risiko kerugian dan dapat diatasi serta dihindari sejak awal.

Dengan tips serta penjelasan di atas, Apakah Anda sudah memantapkan hati untuk berinvestasi? Semoga bermanfaat dan selamat berinvestasi! (FIY)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo