Memilih Apartemen Terjangkau Namun Berkelas

image

PropertiNews.id, Tangerang - Sejak lima tahun terakhir, sudah banyak pengembang yang berinsiatif menawarkan apartemen bukan hanya dengan harga yang selangit namun juga dengan harga terjangkau agar semua orang bisa memiliki hunian vertikal ini. Kesempatan ini haruslah dimanfaatkan semua orang untuk mulai menjadikan apartemen sebagai alternatif hunian. Paling tidak sebagai hunian pertama.

Memilih apartemen dengan harga terjangkau namun memiliki kualitas yang baik memang tidak terlalu sulit, lalu bagaimana cara memilih apartemen dengan harga terjangkau namun tetap berkelas tersebut? Berikut beberapa hal dan aspek dalam memilihnya.

1. Lokasi merupakan aspek pertama yang perlu diperhatikan dalam membeli apartemen. Hal pertama yang mesti dilakukan adalah perhatikan jarak tempuh yang paling dekat dengan tempat beraktivitas sehari-hari, sehingga lebih efisien menghemat waktu tempuh, biaya transportasi serta tenaga.

2. Biaya perawatan merupakan faktor yang cukup penting untuk di perhatikan, karena biaya perawatan sifatnya berkala. Berbeda dengan rumah, apartemen cukup sekali saja perbulan, karena sudah akumulasikan. bahkan ada pengelola apartement yang menagih per 6 bulan biaya maintenancenya. Tapi memang nominal keselurahannya untuk biaya perawatan apartemen lebih mahal di bandingkan rumah.

3. Legalitas tidak kalah pentingnya saat memilih apartemen, mengapa? Jika kita membeli sebuah apartemen maka kita akan mendapat sertifikat HGB (Hak Guna Bangunan). HGB ada batasan waktunya sampai 20 tahun. Dan perhatikan juga apakah sertifikat tersebut HGB murni / HGB diatas HPL (Hak Pengelolaan Lahan). Kalau HGB murni berarti tanah tersebut milik developer, jika setelah sertifikat HGB habis maka bisa diperpanjang. Kalau HGB di atas HPL berarti tanah tersebut bukan milik Developer melainkan kerjasama developer dengan pihak lain sebagai pemilik tanah. Setelah jangka waktu kerjasama habis maka hak bangunan dan tanah menjadi hak pemilik tanah.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda perhatikan sata memilih apartemen terjangkau. Bagaimana menurut Anda? (TD)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo