Tips Cerdas Pilih Lokasi Apartemen Terbaik

image

Propertinews.id, TangerangTinggal di sebuah apartemen di tengah kota besar memang menjadi alternatif yang bisa dipilih para millenial yang jadwal pekerjaannya super sibuk. Namun sebelum menentukan pilihan pada sebuah apartemen, tentu Anda akan memikirkan terlebih dahulu berbagai hal seperti fasilitas yang ditawarkan, harga yang harus dibayar, hingga lokasi apartemen tersebut. Apa lagi jika Anda termasuk pemula dalam hal membeli atau menyewa apartemen.

Dalam tips kali ini, kami akan membahas soal tips mencari lokasi apartemen terbaik sehingga Anda tidak akan salah memilih apartemen. Lokasi adalah hal yang penting untuk dipikirkan karena lokasi akan menentukan waktu yang Anda habiskan untuk pulang dan pergi bekerja. Banyak orang yang mungkin hanya memikirkan jarak ke tempat kerja tanpa mempertimbangkan aspek lainnya dari lokasi apartemen tersebut. Oleh karena itu, simak tips memilih lokasi apartemen agar Anda terhindar dari memilih lokasi apartemen yang tidak tepat untuk keperluan Anda.

Buatlah Ceklis pada Catatan Anda sebelum Memilih Lokasi Apartemen

Catatan merupakan alat bantu yang sangat bermanfaat jika Anda sedang merencanakan sesuatu. Untuk itu, catatan juga dapat digunakan ketika Anda sedang memilih sebuah lokasi hunian. Untuk menyederhanakan catatan, Anda dapat menyederhanakannya menjadi sebuah daftar ceklis yang dapat Anda gunakan untuk menentukan lokasi terbaik apartemen yang akan Anda huni kelak.

Baca Juga: Sebelum Anda Membeli atau Menyewa Apartemen Kenali Dulu Tipe Unitnya

Apa saja yang harus ada dalam daftar ceklis pada catatan yang sedang Anda buat? Kami merangkum setidaknya ada 7 hal yang patut Anda pertimbangkan, yaitu.

1.      Tingkat Kejahatan di Lokasi Apartemen

Tingkat kejahatan tentu berhubungan dengan keamanan Anda selama tinggal di apartemen. Hal tersebut harus menjadi prioritas bagi siapapun yang ingin membeli atau menyewa sebuah hunian baik hunian tapak maupun hunian vertikal. Anda membuat kriteria 1 dari 10 yang menunjukan tingkat keamanan sebuah wilayah dengan angka 1 sebagai wilayah paling tidak aman dan angka 10 sebagai wilayah yang paling aman. Anda dapat menggunakan berbagai berita di internet dan pencarian di mesin pencari seperti Google yang menunjukan adanya catatan kejahatan di sekitar lokasi apartemen Anda.

2.      Keamanan di Dalam Gedung Apartemen

Selain tingkat keamanan wilayah sekitar gedung, tingkat keamanan gedung apartemen juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Gedung yang aman tentu akan memberikan pelayanan penjagaan yang baik seperti misalnya tersedia kartu akses, penjagaan area parkir, kamera CCTV dan lain sebagainya. Termasuk sistem pelaporan ke petugas jaga dan respon yang diberikan dalam menghadapi situasi darurat harus Anda pertimbangkan.

3.      Tingkat Kebisingan

Sering terjadi karena faktor bentuk bangunan dan lokasi yang dekat dengan Jalan utama, ruangan di sebuah apartemen terpapar polusi suara dari Jalan utama. Selain itu, apakah apartemen mengijinkan peliharaan Anjing untuk tinggal bersama penghuni, karena jika ya, Anda mungkin akan mendengar suara Anjing sepanjang waktu. Anda dapat membuat daftar ceklis yang berhubungan dengan tingkat kebisingan dan menentukan apakah cukup layak bagi Anda untuk tinggal dengan tenang di dalam apartemen.

4.      Jarak ke Tempat Kerja

Pastinya jarak ke tempat kerja merupakan faktor utama yang mempengaruhi Anda untuk memilih tinggal di apartemen dengan lokasi tertentu. Ya, karena jarak ke tempat kerja merupakan alasan utama Anda tinggal di apartemen, bukan? Oleh karena itu jarak ke tempat kerja sangat penting. Anda dapat membuat daftar catatan tentang jarak dan waktu yang diperlukan untuk sampai ke tempat kerja, ketersediaan akses transportasi publik dari dan ke apartemen. Apakah tersedia area pengisian bahan bakar, tingkat kemacetan dan lain sebagainya.

5.      Jarak ke Pusat Perbelanjaan

Setiap hari mungkin Anda memerlukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini bisa Anda dapatkan dengan berbelanja di pusat perbelanjaan. Dekatnya lokasi apartemen dengan pusat perbelanjaan akan memberikan Anda kemudahan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga penting untuk Anda pertimbangkan dalam daftar catatan Anda sebelum menentukan lokasi apartemen yang baik.

6.      Fasilitas Laundry

Bagi Anda yang memiliki jadwal padat, Anda tidak mungkin mengurusi hal-hal seperti laundry. Oleh karena itu, pelayanan laundry dapat Anda masukan kedalam catatan Anda karena urusan laundry merupakan urusan yang akan menghabiskan waktu Anda. Waktu dan energy untuk menjangkau fasilitas laindry ini akan menentukan kenyamanan Anda selama tinggal di sebuah apartemen.

7.      Fasilitas Keluarga

Hal penting lainnya yang dapat Anda pertimbangkan adalah ketersediaan fasilitas keluarga. Fasilitas seperti kolam renang, taman, BBQ Area dan lain sebagainya dapat masuk ke dalam catatan Anda. Hal ini sangat penting karena jika sedang libur, Anda tentunya lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan aktivitas bersama keluarga. (ADR).

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo