Tips Hemat Tinggal di Apartemen. Anda Wajib Tahu!

image

PropertiNews.id, Tangerang – Layak diakui biaya tinggal di apartemen memang jauh lebih banyak ketimbang biaya hidup di kost atau kontrakan. Hal itu dikarenakan ada beberapa hal yang perlu dibayarkan seperti tagihan istrik, biaya air, biaya kebersihan, dan biaya lainnya yang tidak murah.

Meski begitu, jika Anda ingin tinggal di apartemen dan ingin hidup hemat, Anda bisa menerapkannya. Jika bingung bagaimana caranya, berikut ini kami berikan tipsnya untuk Anda.

Pilih Apartemen yang Dekat dengan Akses Transportasi dan Fasilitas Publik

Pemilihan lokasi apartemen menjadi hal yang penting, terutama jika Anda bekerja di kota besar. Caranya, pilihlah apartemen yang dekat dengan transportasi umum seperti busway, KRL, LRT, atau MRT yang bisa menghemat pengeluaran transportasi. Anda cukup menggunakan kendaraan pribadi untuk kegiatan di akhir pekan saja jika diperlukan. Selain itu, pilihlah lokasi apartemen yang paling dekat dengan fasilitas publik seperti mal, supermarket, dan pusat perbelanjaan lainnya untuk memudahkan membeli kebutuhan Anda.

Ajak Teman Berbagi Apartemen dengan Anda

Bila Anda belum punya teman yang tinggal di unit yang sama, tapi memiliki luas ruangan yang memungkinkan, kenapa tidak melakukannya? Anda bisa mencari penyewa yang gaya hidupnya sama dengan Anda. Atau jika khawatir dengan keberadaan orang asing, Anda bisa menyewa apartemen dengan teman dekat Anda. Hal ini bisa mengurangi pengeluaran bulanan dan membuat Anda bisa menabung lebih banyak.

Sewa Unit Apartemen dalam Jangka Panjang

Tips lainnya adalah melakukan sewa apartemen dalam jangka panjang sekaligus. Terutama jika Anda berencana tinggal di daerah tersebut cukup lama. Hal ini penting karena semakin lama Anda menyewa, maka biaya yang akan Anda bayarkan akan lebih murah. Misalnya menyewa apartemen dalam jangka waktu dua tahun biasanya akan lebih murah dibandingkan dengan harga sewa 18 bulan.

Menghemat Penggunaan Energi dan Listrik

Biaya listrik saat tinggal di apartemen memang cukup besar. apalagi jika Anda menggunakan banyak elektronik seperti mesin cuci, AC, televisi, microwave, dan lainnya. Untuk itu, Anda harus terus mencari cara untuk menghemat penggunaan listrik. Misalnya dengan mengganti bola lampu dengan lampu yang lebih hematenergi seperti lampu LED.

Menyusun Anggaran Pengeluaran dengan Bijak

Menyusun anggaran pengeluaran rutin merupakan kegiatan yang wajib Anda lakukan setelah mendapatkan gaji bulanan. Misalnya, 50% dari jumlah penghasilan digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok seperti biaya sewa apartemen, tagihan listrik, cicilan bulanan, biaya makan, berbelanja bulanan dan kebutuhan rutin lainnya. Sementara 30% dari pendapatan digunakan untuk kebutuhan sekunder, dan 20% lainnya disisihkan untuk tabungan serta dana darurat.  (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id
Media Properti Paling Aktual

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo