Jangan Salah, Ini Dia Jenis-Jenis Pipa Air Beserta Fungsinya

image

PropertiNews.id, Tangerang – Pipa air merupakan salah satu elemen bangunan paling fungsional pada hunian. Kebutuhan air bersih di hunian pun bisa disalurkan dengan baik, bahkan limbah rumah tangga seperti air kotor juga bisa didistribusikan secara optimal.

Ternyata banyak sekali jenis pipa air yang harus diketahui. Pasalnya, setiap jenis pipa memiliki fungsi yang berbeda satu sama lainnya. Dengan memahami semua jenis pipa ini, Anda bisa memastikan rumah dibangun dengan ketelitian yang tidak main-main. Yuk kenali berbagai jenis pipa air berikut ini.

Baca Juga : Saluran Air Anda Sering Mampet? Ini Dia Tipsnya Agar Tetap Lancar

Pipa PVC

Pipa yang terbuat dari plastik dan beberapa kombinasi vinyl lainnya. Memiliki sifat yang tahan lama dan tidak gampang dirusak. Pipa PVC juga tidak berkarat atau membusuk. Oleh karena itu, PVC ini paling sering digunakan dalam sistem irigasi/perairan dan pelindung kabel.

Pipa ini sering digunakan untuk berbagai aplikasi biasanya untuk perumahan seperti saluran air bersih, saluran air kotor dan saluran lainnya.

Pipa Air PVC-O

Varian pipa air selanjutnya adalah PVC-O. Pipa ini merupakan pengembangan dari bahan PVC yang diproduksi menggunakan metode bi-axial sehingga ikatan antar molekul bahan baku menjadi sangat kuat dengan material yang lebih tipis sehingga lebih efektif dalam menampung volume air.

Pipa jenis PVC-O juga mempunyai tingkat keretakan yang tergolong rendah, lebih kuat dibandingkan jenis PVC biasa. Hal ini membuat pipa air PVC-O menjadi lebih ideal sebagai saluran air yang lebih tahan lama.

Pipa Air CPVC

Pipa CPVC atau dikenal juga dengan Chlorinate Poly Vinyl Chloride memiliki ketahanan suhu hingga 1.800 derajat Celsius. Ketahanan ini disebabkan oleh ketebalan pipa (schedule) yang menjadi keunggulan dari pipa yang satu ini. Pipa CPVC disarankan untuk instalasi air panas dan dingin karena sifatnya yang tahan terhadap perubahan suhu.

Pipa Galvanis

Pipa galvanis adalah pipa yang memiliki lapisan seng sebagai zat kimia yang dapat menghalangi pipadari korosi. Sehingga pipa galvanis dapat bertahan di dalam ruangan yang berlembab dan tidah mudah berkarat. Proses pembuatan pipa galvanis, bahan baja direndam ke dalam lelehan seng. Pipa ini biasanya digunakan untuk konstruksi perumahan atau bangunan lainnya.

Baca Juga : Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Vinyl untuk Lantai

Pipa Air Tembaga

Salah satu jenis pipa air yang satu ini umumnya dipakai untuk instalasi refrigerant karena sifatnya yang tahan terhadap suhu panas dan dingin. Terlebih, instalasi pipa tembaga juga bisa diaplikasikan di dalam atau atas tanah.

Jika Anda hendak memasangnya di bawah tanah, lapisisi pipa dengan dengan pengaman agar terhindar dari pengaruh keasaman tanah. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo