Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Vinyl untuk Lantai

image

PropertiNews.id, Tangerang – Lantai berfungsi sebagai pijakan dalam setiap aktivitas sehari-hari sehingga menjadi salah satu hal paling penting. Sebagai elemen penyusun hunian, lantai juga memiliki daya tarik yang dapat meningkatkan nilai estetika sebuah rumah.  Lantai bangunan harus dibuat sekuat mungkin karena lantai menopang barang-barang dan penghuni yang ada di dalam rumah. Ada banyak material yang bisa digunakan untuk menutup permukaan lantai, salah satunya adalah vinyl.

Vinyl sering digunakan untuk pelapis lantai rumah, apartemen, hotel, dan lainnya, untuk membuat suasana rumah yang lebih bagus dan sesuai dengan tema yang diinginkan. Proses pemasangan dan perawatannya pun mudah. Seperti halnya material pada umumnya, material vinyl juga memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan, berikut kami berikan artikelnya untuk Anda.

Baca Juga : 5 Inspirasi Desain Jendela untuk Rumah Minimalis Anda

Kelebihan

1. Tekstur Vinyl Nyaman Dipijak

Saat berada di dalam hunian, kebanyakaan orang akan melepas alas kakinya. Tekstur vinyl ini termasuk nyaman untuk dipijak dengan kaki telanjang karena lebih halus dibandingkan dengan material lantai parket. Kenyamanan ini didapat dari lapisan bawah vinyl yang mengandung busa.

2. Tahan Lama dan Awet

Salah satu keunggulan lantai ini memiliki daya tahan yang lama serta awet untuk beberapa tahun penggunaan. Hal ini disebabkan oleh bahan dasarnya yang dicampurkan dengan berbagai bahan kimia. Beberapa produsen mengatakan bahwa lanta ini kuat digunakan hingga 20-25 tahun.

3. Cara Pemasangan dan Perawatan Vinyl Cukup Mudah

Cara pemasangan vinyl ini cukup mudah, Anda hanya perlu merekatkannya ke permukaan lantai yan sudah dibersihkan dan dikeringkan terlebih dahulu. Tidak melulu di atas semen atau plesteran, vinyl juga bisa dipasang di atas keramik.

Untuk urusan perawatannya pun tidak kalah mudahnya, karena karpet vinyl cukup disapu dan dipel secara rutin. material vinyl ini tidak menyerap air dan anti noda. kalau misalnya material ini sobek atau mengalami kerusakan, Anda bisa dengan mudah menambalnya tanpa perlu membongkar seluruhnya.

4. Tersedia dengan Beragam Warna dan Motif

Seperti material lainnya, lantai vinyl juga tersedia dalam berbagai macam warna dan motif. Anda dapat menyesuaikan warna lantai dengan warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah elegan. Lantai ini juga sangat cocok digunakan pada desain rumah minimalis, rumah mewah dan sebagainya.Vinyl ini juga cocok digunakan pada banyak interior seperti minimalis, modern, kontemporer, skandinavia, dan interior vintage.

Baca Juga : Desain Interior dengan Batu Bata agar Ruangan Terkesan Lebih Stylish

Kekurangan

1. Berbahan Dasar PVC

Lantai vinyl ini terbuat dari bahan PVC, dimana PVC dapat melepaskan VOC ke udara. akibatnya, kualitas udara di dala rumah semakin menurun dan tercemar. Hal ini sangat membahayakan, terlebih bagi orag-orang yang berada di sekitarnya. maka dari itu, banyak produsen yang kini mulai mengurangi pemakaian PVC pada produk vinyl.

2. Vinyl Mudah Rusak Terhadap Benda Tajam

Meski vinyl tahan terhadap pergantian cuaca dan dipijak berlama-lama, sayangnya ia tidak kuat terhadap goresan benda tajam. Oleh karena itu, ketika memindahkan barang harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan vinyl. begitu juga saat menggunakan heels yang berujung tajam, ingatlah untuk melepaskannya sebelum menginjak vinyl.

3. Area Dibawah Lantai Vinyl Harus Kering

Area yang berada di bawah lantai vinyl haruslah kering. Lantai vinyl biasanya dipasang pada permukaan semen atau juga sebagai pelapis lantai keramik. Sebelum pemasangan, kondisi lantai ini harus dipastikan terlebih dahulu. Jika tidak, maka vinyl tidak akan menempel dengan kuat dan akan mudah terlepas.

Itulah tadi beberapa kelebihan dan kekurangan lantai vinyl yang wajib untuk Anda ketahui. Jika Anda sudah paham, sekarang saatnya Anda mempertimbangkan apakar karpet vinyl cocok untuk kebutuhan hunian Anda. (ZH)

Bagikan Artikel ini:

PropertiNews.id

PropertiNews.id adalah sebuah portal media online yang menyajikan informasi seputar dunia properti mulai dari berita terkini hingga tips inspiratif

Nata Connexindo

Nata Connexindo adalah Konsultan & Partner Digital Marketing dengan paket digital lengkap. NATA menjadi solusi untuk kebutuhan digital berbagai bisnis

Newsletter

Subscribe to our latest news to be updated, we promise not to spam!

Babysitter logo